Waspadai Banjir dan Longsor, Puncak Musim Hujan Sedang Berlangsung. Berikut Ini Penjelasan BMKG

- 19 Januari 2021, 17:06 WIB
Ilustrasi: BMKG Mengimbau agar mewaspadai bencana banjir dan longsor saat ini masuk puncak musim hujan
Ilustrasi: BMKG Mengimbau agar mewaspadai bencana banjir dan longsor saat ini masuk puncak musim hujan /BMKG

Literasi News - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada akhir 2020 lalu pernah memprediksikan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021. Kini BMKG kembali memperingatkan cuaca ekstrem yang bakal meningkat selama periode puncak musim hujan yang akan berlangsung sampai bulan Februari 2021 mendatang.

"BMKG terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat dalam periode puncak musim hujan ini," terang Deputi Bidang Klimatologi Herizal kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 19 Januari 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini sudah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung sampai Februari 2021.

Baca Juga: Inilah 5 Karomah Shalat Berjamaah, di Antaranya Dihindarkan dari Kesulitan Hidup

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia. Yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," tutur Dwikorita dikutip Literasinews dari laman resmi BMKG.

Dwikornita mengatakan cuaca ekstrem berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan bagi publik, serta hujan lebat disertai kilat/petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

Sebagai langkah mitigasi, BMKG menyampaikan informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan. Tujuannya agar menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi masyarakat terhadap potensi bencana banjir, longsor, dan banjir bandang. "Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang dalam waktu dekat kemungkinan terjadi," jelas Dwikornita.

Baca Juga: Kuota Kemenag untuk Rekrutmen Formasi Guru dan Dosen PPPK 2021 Minim. Ini Upaya dan Langkah Menag

Berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian III (sepuluh hari ke-3) di bulan Januari 2021 yaitu: Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, serta sebagian besar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Jawa Timur bagian tengah dan timur, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat wilayah Kepala Burung dan Provinsi Papua bagian tengah.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x