Pendataan Dampak Hujan Es dan Angin Puting Beliung masih Berlangsung

- 18 Januari 2021, 21:30 WIB
Akibat hujan es dan angin puting beliung banyak pohon tumbang dan rumah warga rusak.
Akibat hujan es dan angin puting beliung banyak pohon tumbang dan rumah warga rusak. /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Pemerintah Desa Padamulya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat masih melakukan pendataan terhadap masyarakat yang terdampak bencana hujan es disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah itu, Senin 17 Januari 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.

Desa Padamulya, salah satu Desa di Kecamatan Pasirkuda yang diterjang hujan es disertai angin puting beliung. Kejadian itu menyebabkan sejumlah rumah milik warga rusak dan akses jalan tertutup pohon pinus yang tumbang.

Kepala Desa Padamulya, Parno mengungkapkan bencana hujan es disertai angin puting beliung yang menerjang desanya itu merupakan kejadian kali pertama.

Baca Juga: Komisi X ; Desak Pemerintah Terbitkan SK Untuk Guru Honorer Yang Lulus PPPK

"Hujan es disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sore. Tidak ada korban jiwa, tapi beberapa rumah warga rusak akibat hujan es dan tertimpa pohon tumbang akibat angin puting beliung," katanya.

Selain merusak rumah dan pohon tumbang, lanjut Parno, peristiwa itu juga menyebabkan tiang tower roboh dan menimpa bangunan posyandu. “Kami masih melakukan pendataan. Berapa jumlah rumah warga yang rusak dan berapa pohon yang tumbang,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan, mengatakan proses evakuasi di lokasi bencana terkendala cuaca dan padamnya listrik akibat tiang yang juga roboh setelah diterjang angin kencang.

Baca Juga: Cerita Dibalik Lagu Ambulance Zig Zag Iwan Fals

"Relawan tangguh bencana yang ada di tingkat kecamatan dan desa, telah bergerak melakukan evakuasi dan pendataan. Namun, terkendala masih terjadinya hujan dan padam listrik," ucap Irfan.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x