Lapisan Bumi Lunak Jadi Penyebab Gempa Sulbar Bikin Bangunan Porak Poranda. Begini Penjelasannya

- 15 Januari 2021, 11:44 WIB
Akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021 pukul 01: 28 WIB.
Akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021 pukul 01: 28 WIB. /Istimewa/Literasi News

Literasi News – Analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) terkait gempa dahsyat di Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 01:28 WIB selama 7 detik, menunjukkan bahwa lapisan tanah di daerah tersebut bersifat lunak dan tidak solid sehingga memperkuat efek guncangan.

Dengan begitu gempa dengan magnitude 6,2 pada kedalaman 10 km itupun akhirnya mengakibatkan kerusakan parah berupa hancurnya gedung-gedung termasuk bangunan permukiman warga, bahkan gedung kantor Gubernur Sulbar pun dilaporkan mengalami rusak berat.

Kerusakan bangunan itupun disertai korban luka dan korban jiwa, yang jumlahnya masih dalam proses pendataan aparat setempat. Setidaknya 2Ribu warga diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Tidak Semua Pensiunan PNS Dapat Pengembalian Dana Taperum. Berikut Ini Kriteria yang Berhak

“Endapan Kuarter dan batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan tersebut bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan guncangan gempa bumi,” demikian Kepala Badan Geologi KESDM, Eko Budi Lelono, menyampaikan analisis BMKG terkait gempa tersebutyang dirilis hari ini.

Selain itu, morfologi bumi yang berupa perbukitan hingga perbukitan terjal di daerah tersebut tertutup batuan berumur Pra Tersier dan Tersier, telah mengalami pelapukan.

“Kondisi ini berpotensi terjadi gerakan tanah atau longsoran apabila dipicu guncangan gempabumi kuat di daerah ini,” jelas Eko.

Baca Juga: Raffi Ahmad Langgar Prokes, Refly Harun: Ini Pelangaran Luar Biasa, Apa Polisi Cuma Tanya-tanya Saja

Pusat gempa tersebut berjarak sekitar 35 km selatan Kota Mamuju (ibu kota Provinsi Sulawesi Barat) dan berjarak sekitar 62,2 km utara Kota Majene (ibu kota Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat)

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x