Ingin Tahu Berapa Besar Dana Desa Anda,Sangat Gampang Cek Link SID Kemendesa. Begini Caranya

- 9 Januari 2021, 09:17 WIB
Sistem Informasi Desa (SID) berisi informasi data lengkap tentang desa.
Sistem Informasi Desa (SID) berisi informasi data lengkap tentang desa. /Tangkap layar halaman SID /

Literasi News – Anda sebagai warga negara mempunyai hak untuk mengetahui dana desayang sudah disalurkan melalui pemerintah desa.

Anggaran dari pemerintah pusat tersebut dapat dipastikan tersimpan di dalam kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Namun apakah masyarakat sudah mengetahui berapa angka persis anggaran yang sudah diterima tersebut?

Terkait hal ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menjalankan transparansi anggaran kepada publik sebagai amanat undang-undang.

Baca Juga: Bundesliga Pekan ke 15, Berikut ini Jadwal Pertandingan dan Siaran Langsung di NET TV, Mola TV

Secara hukum, transparansi anggaran itu diperkuat oleh Kemendes PDTT dengan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Realisasinya, Kemendes PDTT membuat aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) untuk menelusuri informasi secara detail data mengenai anggaran dari pagu,pendapatan hingga penggunaan dana desa; upaya dan pencapaian SDGs (Millennium Development Goals); Dana Desa; APBDes; BUMDES; hingga data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Untuk mengetahui data desa tersebut, Anda tinggal klik sid.kemendesa.go.id. maka akan terbuka halaman Sistem Informasi Desa. Kemudian untuk mengetahui informasi desa, bisa memilihnya berdasarkan Provinsi yang lemudian akan ditampilkan pilihan kabupaten, kecamatan hingga desa, sesuai informasi desa yang Anda kehendaki.

Baca Juga: Bersiaplah Batasi Aktivitas, Mulai 11-25 Januari 20 Daerah di Jabar Diterapkan PPKM alias PSBB

Atau bisa juga anda menelusuri data tersebut Berdasarkan Nama Desa, yang kemudian akan diarahkan langsung ke desa yang anda maksud, hingga ditampilkan halaman informasi yang sama dengan penelusuran Berdasarkan Provinsi.***

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Kemendes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x