Seru, Ada 129 Rencana Bisnis yang Jadi Finalis Tingkat Nasional dalam FIKSI 2020

- 21 Oktober 2020, 14:00 WIB
Kemendikbud gelar festival inovasi kewirausahaan siswa Indonesia.
Kemendikbud gelar festival inovasi kewirausahaan siswa Indonesia. /Dok. Kemendikbud

Literasi News - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI, Asep Sukmayadi mengatakan bahwa Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 merupaFekan ajang lomba inovasi dan kewirausahaan bagi siswa SMA.

“Dengan moto Jujur itu Juaran, Berprestasi Dari Rumah, dan Menolak Untuk Menyerah, kami harap melalui FIKSI 2020 para calon wirausahawan muda ini dapat bekerja sama dengan memanfaatkan teknologi yang tepat guna, inovatif, realistis atau mudah diwujudkan, serta efisien dalam menghasilkan produk bagi kesejahteraan, kemakmuran dan perdamaian dunia,” ungkap Asep, dalam pembukaan FIKSI 2020 melalui video virtual, di Bandung, Selasa 20 Oktober 2020.

Sebelumnya, seleksi FIKSI telah dilaksanakan melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah seleksi rencana bisnis. Jumlah partisipan yang mendaftar pada tahap ini berjumlah 1665 siswa dengan 982 rencana bisnis dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Menunggu Puluhan Tahun hingga Ajal Datang, Sosok Ini Tak Sempat Melihat Reuni Trena-Treni 20 Oktober

Dari jumlah tersebut telah dipilih 129 rencana bisnis yang menjadi finalis di tingkat nasional untuk mengikuti seleksi tahap akhir, yaitu seleksi pameran, presentasi, dan wawancara. Pelaksanaan seleksi tahap akhir ini dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 24 Oktober 2020.

Kategori yang dilombakan pada FIKSI 2020 yaitu Kategori Rintisan Pemula dan Kategori Rintisan Lanjutan. Sementara itu, bidang lombanya adalah Bidang Boga, Bidang Fashion, Bidang Kriya, Bidang Desain Grafis, Bidang Game dan Aplikasi Digital, serta Bidang Budidaya dan Lintas Usaha.

Selain lomba, kegiatan lain yang dilaksanakan pada rangkaian pelaksanaan FIKSI adalah Workshop Entrepreneur Talk yang menghadirkan beberapa nara sumber di bidang wirausaha dan kepemimpinan.

Baca Juga: Waspada Musim Hujan, Lebih Dari 20 Titik Rawan Banjir Longsor di Sumedang. Ini Nama Daerahnya

Asep menyampaikan, Workshop ini bertujuan untuk memberikan semangat pantang menyerah dan wawasan kewirausahaan, khususnya di masa pandemi bagi para finalis FIKSI yang diharapkan kedepannya menjadi wirausahawan yang akan menjadi penggerak utama dan ujung tombak kegiatan ekonomi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x