Terhadang Pandemi, Kompetisi Sains Nasional 2020 Digelar Secara Virtual

- 12 Oktober 2020, 17:06 WIB
Plt. Kepala Pusprenas, Asep Sukmayadi  (Tangkap layar  dari akun YouTube KEMENDIKBUD RI)
Plt. Kepala Pusprenas, Asep Sukmayadi (Tangkap layar dari akun YouTube KEMENDIKBUD RI) /Literasi News/

Literasi News - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020, dengan tagline 'Jujur itu Juara, Berprestasi dari Rumah, Semangat Menolak menyerah.

Pandemi Covid 19 mendesak Pusprenas untuk menyelenggarakan kompetisi sains ini secara virtual, yanmg disimak oleh pelajar, tenaga pendidik termasuk masyarakat umum dari seluruh penjuru nusantara, dengan pusat even digelar di Kota Bandung, Jawa Barat.

 Baca Juga: Menaker Dialog dengan Forum Rektor Indonesia Bahas UU Cipta Kerja

“Hadangan Covid-19 telah mednorong penyelenggaraan kompetisi sains tahun ini secara online, virtual dari tingkat provinsi hingga nasional. Ini sebagai bentuk ajang penyelenggaraan baru dan menjadi pengalaman berharga semua pihak, sekaligus  tentangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya,” ungkap Plt. Kepala Pusprenas, Asep Sukmayadi dalam sambutannya, Senin 12 Oktober 2020.

Kendati demikian, tegas Asep, dari mulai penentuan kriteria lomba hingga penilain, berhasil diadaptasi dengan baik oleh penyelenggara sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru.

“Yang paling menantang, karena dilaksasnakannya secara real time. Bahkan secara internasionalpun tak pernah dilaksanakan. Namun harus tetap fair dan tetap mempertahankan marwah kompetisinya,” ujar Asep.

 Baca Juga: Bantuan Kuota Belajar Bulan Kedua Disalurkan mulai 22 Oktober 2020

Kendati dilaksanaan secara virtual, di mana setiap peserta berada di rumahnya masing-masing, tetapi ia menegaskan bahwa pihak penyelenggara tetap percaya, para siswa peserta mengikutinya dengan jujur.

“Karena ‘jujur itu juara’ sebagimana tagline yang kita lantangkan. Dan sampai sejauh ini tidak ditemukan adanya kecurangan,” katanya.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x