Daerah Bersiap Belajar Tatap Muka, Ketua Komisi X Syaiful Huda Ingatkan Protokol Kesehatan

- 14 Oktober 2020, 09:21 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda /Dok.Literasi news/

Literasi News – Sejumlah daerah di tanah air mulai mempersiapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Komisi X DPR pun meminta agar protokol Kesehatan benar-benar diterapkan secara serius.


“Beberapa wilayah seperti Solo dan Temanggung, Jawa Tengah juga beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur telah mengelar simulasi KBM tatap muka. Kami berharap jika memang hasil simulasi memungkinkan adanya belajar tatap muka maka protokol Kesehatan benar-benar dijalankan secara serius,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Rabu (14/10/2020).


Dia menjelaskan pemerintah memang memberikan kelonggaran bagi wilayah dengan zona hijau dan kuning untuk menggelar KBM tatap muka. Kendati demikian ada tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan sebelum KBM tatap muka benar-benar diterapkan.

Baca Juga: Mata Najwa, 'Cipta Kerja: Mana Fakta Mana Dusta' Hari Ini Rabu 14 Oktober 2020,Ini Jadwal lengkapnya

“Pemerintah daerah harus mengkaji betul kesiapan mereka sebelum menerapkan KBM tatap muka karena ada Kesehatan guru, siswa, dan keluarga siswa yang dipertaruhkan di sana,” katanya.


Huda mengungkapkan tahapan yang harus dilakukan sebelum KBM tatap diterapkan di antaranya adalah kesiapan protokol Kesehatan, simulasi, hingga persetujuan orang tua siswa. Satuan Pendidikan harus memastikan kesediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu, hingga pengaturan tempat duduk dan belajar siswa. Selain itu, satuan Pendidikan juga harus membuat Satgas Covid-19 yang terhubung dengan Satgas Covid-19 daerah dan Pusat.

“Persetujuan orang tua juga menjadi kunci, apakah seorang siswa bisa mengikuti KBM tatap muka atau tidak,” ujarnya.

Baca Juga: Saksikan Keseruan 'Live Pop Academy: Top 40 Group 2', Hari Ini Rabu 14 Oktober 2020 di Indosiar


Hingga saat ini, kata Huda mayoritas kabupaten/kota di Indonesia masih berada di zona oranye. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 pekan ini tercatat ada 336 dari 514 kabupaten/kota yang berada di zona oranye. Ini berarti 65% wilayah di Indonesia masih belum aman digunakan KBM tatap muka.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x