Guru dan Aktivis Komunitas Penggerak Literasi Ikuti Seminar Bersama BPPB Kemendikbudristek di Bandung

- 26 September 2023, 14:00 WIB
Guru dan Aktivis Komunitas Penggerak Literasi Ikuti Seminar Bersama BPPB Kemendikbudristek di Bandung.
Guru dan Aktivis Komunitas Penggerak Literasi Ikuti Seminar Bersama BPPB Kemendikbudristek di Bandung. /Literasi News

Literasi News - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menyelenggarakan Seminar Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi Tahun 2023 di Hotel Aryaduta, Kota Bandung Selasa, 26 September 2023.

Kegiatan Seminar Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi Tahun 2023 yang digelar BPPB Kemendikbudristek ini dihadiri perwakilan guru bahasa daerah se-Indonesia, aktivis literasi, dan dihadiri secara daring pegiat literasi se-Indonesia.

Seminar  langsung oleh Kepala BPPB Kemendikburistek RI E. Aminudin Aziz, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, dan dipandu oleh Herawati Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat selaku moderator.

Baca Juga: Pelatihan Penguatan Lembaga Adat melalui Produk dan Kriya Berbasis Aren di Kampung Adat Dukuh, Cikelet, Garut

Seperti diketahui dalam rangka meningkatkan literasi di Indonesia Kemendikburistek melalui BPPB telah meluncurkan program Merdeka Belajar episode 23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia yang mana merupakan terobosan untuk meningkatkan kompetensi literasi para peserta didik.

Kepala BPPB Kemendikburistek RI E. Aminudin Aziz menjelaskan sejumlah program yang tengah dilakukan pihaknya dalam meningkatkan literasi ini.

Diantaranya adalah penyediaan buku bermutu, pembinaan terhadap 4.800 TBM, pembinaan bahasa untuk pengurus OSIS Pramuka, PMR di berbagai jenjang.

Dan terakhir, program tahun 2024 mendatang menyediakan Bantuan Pemerintah untuk mendukung komunitas literasi.

Baca Juga: Sempurnakan Versi Terdahulu, Platform ARKAS 4 Hadir Lebih Praktis, Aman dan Nyaman

"Tahap pertama untuk bantuan (komunitas literasi) ini kita akan melakukan sosialisasi terkait program supaya nyambung dengan program yang biasa dilakukan karena tujuan kami membantu menguatkan program yang sekarang sudah ada di mereka, lalu ditambah program dari kami sebagai intervensi yang sifatnya nasional," kata Aminudin Aziz kepada wartawan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x