Universitas Trisakti Gelar Kegiatan Pemanfaatan Mesin Pengering Ampas Kelapa bagi Pengrajin Cemilan di Cilebut

- 16 Desember 2022, 00:28 WIB
Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan tahap pertama: Pelatihan penggunaan tepung ampas kelapa sebagai pengganti tepung terigu untuk produksi cemilan sehat dan higienis.
Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan tahap pertama: Pelatihan penggunaan tepung ampas kelapa sebagai pengganti tepung terigu untuk produksi cemilan sehat dan higienis. /Dok Literasi News/Tim Universitas Trisakti

Literasi News - Tim Universitas Trisakti tergabung dalam Kegiatan Kemandirian Masyarakat melaksanakan PKM Pemanfaatan Mesin Pengering Ampas Kelapa untuk Efisiensi Bahan Baku Bergizi Tinggi bagi Pengrajin Cemilan di Cilebut.

Kegiatan yang melibatkan Kelompok Ibu-ibu Dasawisma Cilebut Barat, Sukaraja, Bogor tersebut diketuai dr. Monica Dwi Hartanti, M.Biomed, Ph.D dengan anggota Prof. Dr. Wegig Murwonugroho, S.Sn, M.Hum dan Tjhwa Endang Djuana, ST, M.Eng, Ph.D berkolaborasi dengan Chef Alif Fatqul Maulana, M.Par dari STPT Trisakti.

Monica mengungkapkan program ini merupakan bagian Program Insentif Pengabdian Masyarakat yang Terintegrasi dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) berbasis Kinerja IKU (Indikator Kinerja Utama) bagi PTS tahun 2022.

Baca Juga: Universitas Trisakti Merancang RVM Si-Mantan, Mesin Pemilah Sampah sekaligus Pencacah Kemasan Botol Plastik

Menurutnya program pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama dilaksanakan pelatihan penggunaan tepung ampas kelapa sebagai pengganti tepung terigu untuk produksi cemilan sehat dan higienis.

Kegiatan tersebut dilaksanakan langsung di lokasi Kelompok Ibu-ibu Dasawisma Cilebut Barat, Sukaraja, Bogor pada tanggal10 Desember 2022, pelatihan diikuti oleh 26 peserta.

Hasil Kegiatan Pelatihan tahap pertama berupa Produk camilan sehat bergizi tinggi berupa Egg roll, muffin dan cookies
Hasil Kegiatan Pelatihan tahap pertama berupa Produk camilan sehat bergizi tinggi berupa Egg roll, muffin dan cookies Tim Universitas Trisakti

Sementara tahap kedua merupakan kegiatan lanjutan berupa Pelatihan Business Model Canvas, Pelatihan pemasaran online, Pelatihan dan Praktek pemotretan produk serta branding.

Pelaksanaannya dilakukan melalui platform Zoom pada tanggal 12 Desember 2022. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu para peserta yang sebagian besar terdiri dari Ibu-ibu yang waktu luangnya malam hari di hari Sabtu/ Minggu.

Baca Juga: Inovasi Dosen Universitas Trisakti di Pelatihan PkM: Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x