Tingkatkan Keterampilan Barista Melalui Kursus dan Pelatihan, Ini Program Kemendikbudristek

- 13 Desember 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi barista membuat kopi. Para penyelenggara kursus dan pelatihan perlu terus didorong untuk meningkatkan keterampilan barista.
Ilustrasi barista membuat kopi. Para penyelenggara kursus dan pelatihan perlu terus didorong untuk meningkatkan keterampilan barista. /Clarocafe / Pixabay

Literasi News - Untuk meningkatkan keterampilan barista, para penyelenggara kursus dan pelatihan perlu terus didorong.

Mengasah keterampilan barista itu diperlukan dengan melihat tren bisnis kopi yang meningkat, sehingga peluang bisnis kopi berkembang semakin pesat.

Berdasarkan data Kemendikbudristek, dilihat dari jumlah peminatan peserta, peserta didik barista telah mengalami peningkatan. Pada 2020, ada 455 peserta didik barista, pada 2021 terdapat peningkatan menjadi 1.075, pada 2022 kembali meningkat menjadi 1.130 atau sekitar 240 persen, meski hanya dalam 3 tahun.

"Saya harap, program pelatihannya agar terus diperkuat dan terus berupaya menyesuaikan perkembangan zaman. Jangan lupa untuk terus berinovasi karena trennya juga terus berkembang," kata Direktur Kursus dan Pelatihan (Dirsuslat), Kemendikbudristek, Wartanto.

Ia menyampaikan hal itu dalam webinar bertajuk “Ngobrol di Kedai: Menangkap Tren Usaha Kopi Kekinian melalui Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)” yang diselenggarakan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kemendikbudristek, baru-baru ini.

Baca Juga: Waspadai Pelemahan Daya Beli Masyarakat Pada Tahun 2023, Ini Penjelasan Pakar Ekonomi

Wartanto mencontohkan inovasi produk dari kopi kekinian yang memang terus berkembang, seperti padu padan antara kopi dengan alpukat, susu, dan sebagainya.

Instruktur barista sekaligus pemilik LKP Filbert, Rendro Wijoyo, yang menjadi salah satu narasumber dalam acara ini mengatakan bahwa tren usaha kopi kekinian memang membuka peluang yang sangat besar bagi lulusan PKW di bidang barista.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x