Inovasi Dosen Universitas Trisakti di Pelatihan PkM: Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi

- 1 Oktober 2022, 14:53 WIB
Pelatihan PkM di Bojong Sempu, Inovasi Dosen Universitas Trisakti : Mengolah Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi
Pelatihan PkM di Bojong Sempu, Inovasi Dosen Universitas Trisakti : Mengolah Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi /Dok Literasi News/TIM PKM Universitas Trisakti

Literasi News - Inovasi kreatif dari Dosen Universitas Trisakti melalui Pelatihan PkM bagi Ibu ibu Dasa Wisma Bojong Sempu dengan mengolah Ampas Tahu. Diversifikasi bahan baku tersebut bisa menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi.
 
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pengolahan bahan baku limbah ini telah dilaksanakan tim penerima hibah PkM dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek RI).

Tim tersebut diketuai dr. Monica Dwi Hartanti, M. Biomed., Ph.D didukung oleh tim Prof. Dr. Wegig Murwonugroho, S.Sn, M.Hum, Tjhwa Endang Djuana, ST, M. Eng., Ph.D dan tim Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti (Usakti): dr. Noviani Prasetyaningsih, Sp.M, dr. Isa Bella, SpMK dan para mahasiswa.

Baca Juga: Cek! Hasil Seleksi Administrasi Beasiswa Indonesia Bangkit Diumumkan Kemenag Hari Ini 30 September 2022

Pelatihan dipandu Chef Alif Fatqul Maulana, M.Par beserta tim, bertempat di Kitchen Lab Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, pada tanggal 14 Agustus 2022.
 
Pelatihan dibuka dengan sambutan dari Pimpinan STP Trisakti, diwakili oleh Dr. Linda Desafitri, MM, dilanjutkan dengan materi Pengantar Pelatihan dan Pembuka Wawasan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Wegig Murwonugroho, S.Sn, M.Hum.

Dia menyampaikan tentang pentingnya memanfaatkan limbah makanan yang selama ini terbuang agar dapat berguna kembali menjadi cemilan sehat, bernilai ekonomis dan mengurangi pencemaran.

Pelatihan PkM di Bojong Sempu, Inovasi Dosen Universitas Trisakti : Mengolah Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi
Pelatihan PkM di Bojong Sempu, Inovasi Dosen Universitas Trisakti : Mengolah Ampas Tahu Menjadi Cemilan Sehat dan Bernilai Jual Tinggi Tim PkM Universitas Trisakti

Selain itu ia juga menyampaikan potensi cemilan sehat yang dikembangkan oleh ibu-ibu dasa wisma menjadi produk UMKM dapat dikolaborasi dengan sentra inkubasi bisnis di Usakti, khususnya dalam aspek pengemasan kreatif, pemasaran digital dan akses ke platform market place.

Baca Juga: Kompetisi Robotik Madrasah Berhadiah Total Rp300 juta, Pendaftaran Dibuka Hingga 26 Oktober 2022
 
Peserta kegiatan berasal dari kelompok ibu PKK berjumlah 10 KK (kepala keluarga) dari Desa Bojong Sempu. Mereka diarahkan oleh Chef Alif Fatqul Maulana dan tim mulai dari persiapan bahan ampas tahu / kedelai yang dijadikan tepung untuk dibuatkan menjadi beberapa produk olahan lain kreatif dengan tetap bernilai gizi tinggi.

Produk cemilan yang dihasilkan meliputi brownies, dodol, nugget dan nugget sayur, serta kue kering stik keju. Hasil ini menunjukkan diversifikasi yang dilakukan berhasil dengan berbasis kreativitas dan teknik pengolahan yang tepat.

Tim pengarah melibatkan mahasiswa dan tenaga kependidikan diarahkan oleh tim Dosen yang dikoordinasikan oleh Chef Alif.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x