Mulai 4 Oktober Saudi Kembali Izinkan Ibadah Umrah

- 23 September 2020, 15:48 WIB
Suasana Masjidil Haram diambil dari Balcony The Makkah Clock Tower Museum, Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2019). Pascamusim haji, Masjidil Haram kini dipadati jamaah umrah yang datang dari berbagai negara.
Suasana Masjidil Haram diambil dari Balcony The Makkah Clock Tower Museum, Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2019). Pascamusim haji, Masjidil Haram kini dipadati jamaah umrah yang datang dari berbagai negara. /ANTARA FOTO/Hanni Sofia/wpa/aww./

Literasi News - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah.

Rencana ini  diawali dengan izin terbatas bagi warga negara, dan ekspatriat yang tinggal di negara tersebut, juga mempertimbangkan untuk membuka umrah bagi muslim dari luar negaranya.

“Saudi dalam pengumumannya menyebut, akan merilis daftar negara mana saja yang akan mendapatkan izin memberangkatkan jemaah umrah. Jadi kami masih menunggu rilis dari Kemenkes Saudi,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar, dalam keterangan resminya, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Pilkada 2020, Inilah 3 Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Bandung yang telah Ditetapkan KPU

Menurut Nizar, saat ini pemerintah Indonesia terus mengupayakan dan melakukan koordinasi, baik dengan Konsul Haji KJRI Jeddah, maskapai penerbangan maupun Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terkait persiapan jika penyelenggaraan ibadah umrah kembali dibuka.

 

"Koordinasi dengan PPIU dan maskapai terus dilakukan. Kita minta jemaah umrah yang tertunda menjadi prioritas untuk diberangkatkan. Kita juga membahas penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan umrah di masa Covid-19 bersama dengan Kemenkes,” katanya.

 

Sementara itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim menuturkan, keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia masih menunggu rilis daftar negara yang mendapat izin dari Saudi. “Kami juga akan minta kepada PPIU untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan manasik umrah yang mereka lakukan,” terangnya.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x