Terima Kunjungan Mentan, Pj. Bupati Subang Paparkan Potensi Perikanan dan Pertanian

- 5 April 2024, 10:30 WIB
Terima Kunjungan Mentan, Pj. Bupati Subang Paparkan Potensi Perikanan dan Pertanian
Terima Kunjungan Mentan, Pj. Bupati Subang Paparkan Potensi Perikanan dan Pertanian /ISTIMEWA

Literasi News - Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd, menyambut kunjungan kerja Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, di Desa Sumurbarang, Kecamatan Cibogo Kamis, 4 April 2024.

Dalam sambutannya, Dr. Imran menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Mentan dan jajaran, Pj. Gubernur Jabar, Kasdam III Gunungdjati, Sekretaris Umum Basarnas, dan stakeholder terkait, kemudia dirinya pun memaparkan potensi Subang, termasuk perikanan, pertanian, dan holtikultura.

"Ini rejeki buat kami didatangi, Subang ini komplit, punya pantai dan dataran, perbukitan dan pegunungan. Di utara ada potensi perikanan laut dan perikanan daratdarat, dan lahan pertanian, di bagian tengah ada pembibitan terbesar di Jawa Barat untuk ikan nila dan ikan emas. Sedangkan di daerah Selatan ada holtikultura, ada potensi ekonomi agar pendapatan masyarakat akan meningkat," kata Imran dalama siaran pers resminya.

Baca Juga: Pj Bupati Subang Imran Hadir di RUPST Bank BJB Tahun Buku 2023

Namun demikian, Dr. Imran juga mengakui beberapa kendala seperti irigasi yang perlu ditingkatkan agar hasil panen dapat meningkat. Dr. Imran berharap agar pengelolaan pertanian dapat ter integrasi dengan baik, termasuk pengelolaan hasil pangan.

Dr. Imran juga menyoroti dilematika kenaikan harga beras di Subang, di mana Subang adalah peringkat 3 Nasional dan di Provinsi Jawa Barat sebagai daerah penghasil beras, Dr. Imran pun mengusulkan kolaborasi dengan BUMD serta pembentukan konsorsium beras untuk mengelola hasil panen secara efisien.

Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menyambut paparan Dr. Imran dengan optimisme mempertahankan Provinsi Jawa Barat sebagai peringkat 1 penghasil beras skala nasional, dan berjanji untuk menugaskan BUMD Subang dalam mengelola hasil panen padi.

Baca Juga: Pimpin Briefing Persiapan Idul Fitri 1445 H, Pj Bupati Subang Beri Sejumlah Arahan

Selain itu, dalam acara tersebut, diserahkan bantuan berupa 25 unit irigasi per pompa senilai Rp. 3 Miliar dan bantuan dari Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI untuk Kabupaten Subang tahun 2024 berupa benih padi, jagung, dan combine harvester dengan total bantuan senilai Rp. 5,57 Miliar.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah