Resistensi Antibiotik Terus Meningkat, 1,27 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Infeksi Obat

- 26 Agustus 2022, 07:17 WIB
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono: Resistensi Antibiotik Terus Meningkat, 1,27 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Infeksi Obat
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono: Resistensi Antibiotik Terus Meningkat, 1,27 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Infeksi Obat /Kemenkes RI/

Literasi News - Sejak penemuan antimikroba 70 tahun lalu, jutaan orang telah terhindar dari penyakit. Namun potensi antibiotik mengobati atau mencegah penyakit menyebabkan munculnya masalah resistensi antibiotik akibat mikroba (AMR) yang berevolusi.

Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya penggunaan antibiotik sampai pada titik di mana obat tersebut disalahgunakan, diperoleh tanpa resep dokter. Kemudian sering disalahgunakan pada manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono pada pembukaan Side Event HWG ke-3 dalam kerangka G20 yang membahas masalah AMR pada Rabu 24 Agustus 2022 di Bali.

Baca Juga: Demokrasi Akan Terasa Pincang Tanpa Keterlibatan Perempuan, dan Keterwakilan Perempuan Dijamin Undang-Undang

''Dampak luas AMR terus meningkat di berbagai sektor termasuk ekonomi. Para ahli memperkirakan AMR dapat menyebabkan PDB tahunan global turun 3,8 persen pada tahun 2050. Kita harus mencegah hal ini terjadi dan membuat perubahan yang langgeng,'' ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, AMR dapat menyebabkan sulitnya proses pengobatan. Semakin banyak penyakit yang tidak dapat diobati, maka perawatan penyelamatan jiwa menjadi jauh lebih berisiko, dan biaya perawatan kesehatan meningkat.

Baca Juga: Jadwal Tayang Boruto Episode 264 Sub Indo, Spoiler dan Link Nonton: Ekspedisi Misteri Akademi Ninja

Dikutip literasinews dari laman resmi kemenkes, Wamenkes mengatakan prevalensi kasus resistensi antibiotik akibat mikroba terus meningkat. Saat ini, 1,27 juta orang meninggal setiap tahun karena infeksi yang resistan terhadap obat.

''AMR mengancam kesehatan, ekonomi, dan pencapaian SDGs. Untuk menumbuhkan kapasitas penelitian dan pengembangan global, kita harus mengamankan pendanaan yang cukup dan berkelanjutan,'' ucap Wamenkes Dante.

Sama seperti COVID-19, Wamenkes Dante menilai AMR dapat berpotensi menjadi pandemi jika tidak diatur penggunaan antibiotik.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x