Cianjur Urutan Ketiga Peredaran Narkoba Tertinggi di Jawa Barat, Setelah Sukabumi dan Bogor

- 30 Mei 2021, 20:33 WIB
Kepala BNNP Jawa Barat, Brigjen Benny Gunawan: Cianjur Urutan Ketiga Peredaran Narkoba Tertinggi di Jawa Barat, Setelah Sukabumi dan Bogor
Kepala BNNP Jawa Barat, Brigjen Benny Gunawan: Cianjur Urutan Ketiga Peredaran Narkoba Tertinggi di Jawa Barat, Setelah Sukabumi dan Bogor /Literasi News /Nabiel Purwanda

Literasi News - Tingkat peredaran narkoba di Kabupaten Cianjur, menempati urutan ketiga tertinggi di Jawa Barat, setelah Sukabumi dan Bogor. Ketiga wilayah itu menjadi sasaran utama para pemasok atau bandar narkoba yang menjalankan bisnis haramnya di Indonesia.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat, Brigjen Benny Gunawan, mengatakan berdasarkan hasil deteksi peredaran narkoba tertinggi di Jawa Barat terdapat di tiga kota, yaitu Sukabumi, Bogor, dan Cianjur.

"Cianjur menjadi satu di antara kota yang menjadi tempat peredaran narkoba tertinggi di Jawa Barat. Bahkan, jika di wilayah Aceh panen ganja yang pertama jadi sasaran pemasok untuk mengedarkan, yaitu Sukabumi, Bogor, dan Cianjur," kata Benny, kepada wartawan di Cianjur, Minggu 30 Mei 2021.

Baca Juga: TKW Asal Ciranjang Cianjur Belasan Tahun Hilang Kontak, Tak Ada Kabar Sama Sekali, Keberadaannya Tak Diketahui

Benny mengungkapkan, tingginya kebutuhan ekonomi serta tergiur pekerjaan instan dengan hasil tinggi menjadi alasan utama kurir narkoba.

"Saat pandemi sekarang malah kasus makin tinggi. Mungkin di situasi sekarang banyak yang stres, tidak mampu berfikir, sehingga memilih pekerjaan yang instan dengan menjadi pengedar narkoba," ujarnya.

Bahkan menurut Benny, rata-rata jaringan pengedar narkoba merekrut orang untuk menjadi kurir dari kalangan masyarakat desa dan kaum milenial yang masih produktif.

"Yang direkrut kebanyakan masyarakat desa, anak-anak milenial yang masih produktif bahkan hingga ibu rumah tangga," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal TransTV Hari Ini, Minggu 30 Mei 2021, Ada Film Mission Impossible, Skiptrace, Nih Kita Kepo, dan Insert

Benny mengajak pemerintah daerah untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan cara melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat hingga tingkat desa.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x