Buat e-KTP, KK, dan Akta di Kab. Berau, Tak Perlu Datang Disdukcapil, Gunakan Layanan Online Si Penyu Beramal

- 25 April 2021, 21:52 WIB
Buat e-KTP, KK, dan Akta di Kab. Berau, Tak Perlu Datang Disdukcapil, Gunakan Layanan Online Si Penyu Beramal
Buat e-KTP, KK, dan Akta di Kab. Berau, Tak Perlu Datang Disdukcapil, Gunakan Layanan Online Si Penyu Beramal /Disdukcapil Kab. Berau/

Literasi News - Bagi warga Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur, membuat e-KTP, KK, Akta dan Adminduk lainnya bisa menggunakan layanan online Si Penyu Beramal.

Dengan layanan Si Penyu Beramal, warga membuat e-KTP, KK, Akta dan Admindui lainnya tak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau. Namun cukup menggunakan handphone berbasia android pemohon bisa mengurusnya dari rumah.

Namun demikian (Disdukcapil) Kabupaten Berau masih melayani pembuat e-KTP, KK, Akta dan Admindui lainnya secara offline, utamanya bagi daerah yang memiliki kendala jaringan dan kepemilikan printer. Caranya kerjasama dengan kampung sehingga layanan bisa diproses ditingkat kampung hingga selesai.

Baca Juga: Update Terbaru KRI Nanggala 402, Sebanyak 53 Awak Kapal Dinyatakan Telah Gugur

Kepala Disdukcapil Kabupaten Berau, David Pamuji, mengatakan pihaknya membuka layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat seluas-luasnya dengan menyediakan layanan online maupun offline.

Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Berbasis Android untuk Masyarakat Batiwakal atau Si Penyu Beramal merupakan aplikasi berbasis android dan telah dilaunching pada Oktober 2019. Tujuannya untuk mengatasi kendala geografis di wilayah Kabupaten Berau yang begitu bervariasi.

“Meski demikian, ada masyarakat belum terakses jaringan internet, sehingga kami bekerja sama dengan pemerintah 100 kampung untuk menunjuk du petugas agar masyarakat bisa datang ke mereka dan mengurus hingga mencetak dokumen kependudukannya,” ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Panjatkan Doa untuk 53 Awal Kapal KRI Nanggala 402: Semoga Masih Ada Keajaiban

Selain itu, lanjutnya, kerja sama juga dijalin dengan sektor pendidikan, rumah sakit, hingga pengadilan agama. Kemudian menunjuk petugas guna melayani berbagai dokumen kependudukan yang mencakup dokumen kependudukan terkait.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri, Plt. Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri, Akhmad Sudirman Tavipiyono menyampaikan apresiasi terkait layanan Si Penyu Beramal.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x