Layanan SAGARURUNG KELI SALAI dan SEWUATI, Urus Adminduk e-KTP, KK, Akta dan Lainnya Jadi Mudah

- 14 April 2021, 22:39 WIB
Ilustrasi. Layanan SAGARURUNG KELI SALAI dan SEWUATI, Urus Adminduk e-KTP, KK, Akta dan Lainnya Jadi Mudah
Ilustrasi. Layanan SAGARURUNG KELI SALAI dan SEWUATI, Urus Adminduk e-KTP, KK, Akta dan Lainnya Jadi Mudah /Tangkapan Layar YouTube

Literasi News - Layanan SAGARURUNG KELI SALAI dan SEWUATI memudahkan pengurusan Adminduk seperti e-KTP, KK, Akta dan lainnya bagi segala usia. Warga tak perlu datang ke Kantor Disdukcapil, mereka tinggal mengurusnya dari rumah. Setelah selesai dokumen diantar ke alamat pemohon.

Layanan SAGARURUNG KELI SALAI atau Siaga Urusan Penting Dokumen Kependudukan Melalui Aplikasi Sampai Selesai merupakan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Sementara inovasi Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Inovatif (SEWUATI) milik Disdukcapil Kabupaten Pringsewu. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga: Polemik Pembangunan Tugu Sepeda Terus Bergulir, PDIP Lancarkan Kritik Pedas Kepada Anies Baswedan

Terkait penamaan inovasi SAGARURUNG KELI SALAI, Kepala Disdukcapil Kabupaten Pali, Risma, menjelaskan nama tersebut terinspirasi nama makanan khas Kabupaten Pali. Dengan demikian, inovasi ini diharapkan dapat sangat familiar dan membahagiakan masyarakat setempat.

“Ketika dokumen yang dimohonkan secara online itu sudah selesai, pengantarannya kami tindak lanjuti melalui petugas kami di kecamatan untuk langsung mengantarkannya ke rumah warga,” ujar Risma menambahkan keterangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kabupaten Pringsewu, Nazri, menjelaskan inovasi SEWUATI. Ia mengungkapkan pada hakikatnya adalah pelayanan berbasis website yang dapat diakses masyarakat Pringsewu secara gratis.

Baca Juga: Siaran Langsung Semi Final Piala Menpora Putaran Pertama 15-16 April 2021 Live di Indosiar

“Untuk pengantarannya kami bekerja sama dengan PT Grab Indonesia sehingga penduduk hanya tinggal menunggu saja di rumah,” ujar Nazri.

Terkait dua inovasi tersebut, Direktur Pencatatan Sipil, Handayani Ningrum, mewakili Dirjen Dukcapil Kemendagri, menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, inovasi-inovasi tersebut memiliki dua kelebihan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x