Asrama Haji Indramayu akan Dikembangkan Menjadi Pusat Wisata Religi. Ini Penjelasan Dirjen Kemenag

- 6 Februari 2021, 06:10 WIB
Pertemuan Jajaran Kemenag dengan gubernur Jabar Ridwan Kamil di rumah dinas gubernur Kota Bandung di antaranya membahas rencana pengembangan Asrama Haji Indramayu menjadi Pusat Wisata Religi
Pertemuan Jajaran Kemenag dengan gubernur Jabar Ridwan Kamil di rumah dinas gubernur Kota Bandung di antaranya membahas rencana pengembangan Asrama Haji Indramayu menjadi Pusat Wisata Religi /Kemenag RI

Literasi News - Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengembangkan Asrama Haji Indramayu menjadi Pusat Wisata Religi di Jawa Barat. Rencana itu pun telah mendapat dukungan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Demikian dikatakan Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman usai bertemu di rumah dinas Gubernur Jabar di  Bandung, Kamis 4 Februari 2021. Ikut mendampingi, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Kakanwil Kemenag Jabar Adib, dan Kabid Haji Kanwil Kemenag Jabar.

Menurut Oman rencana kemenag tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakni menjadikan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi. Malahan Gubernur sudah memberikan bantuan untuk dana pembangunan masjid di asrama tersebut.

Baca Juga: Panduan Registrasi SIM Melalui Daring, Berikut Ini Tahapan dan Persyaratannya

"Kang Emil (panggilan akrab Gubernur,-red) sangat mendukung pengembangan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi. Pemprov Jabar bahkan sudah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid di sana, sekaligus banyak memberikan masukan terkait desain bangunannya," katanya.

Gubernur Jabar, lanjut Oman, meminta agar desain eksterior dan interior gedung di asrama haji bisa memadukan unsur Islam dan kearifan lokal. Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, plus motif budaya Jawa Barat. 

"Kang Emil juga siap untuk membantu pembangunan rumah sakit di lingkungan asrama haji. Di asrama haji ini juga akan dibangun Museum Haji Indonesia," lanjutnya dikutip Literasinews dari laman resmi Kementerian Agama RI.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris dan Bundesliga, 6 - 8 Februari 2021. Siaran Langsung di NET TV dan Mola TV

Menurut Oman, sebagai pusat wisata religi di Jabar, nantinya ada empat fungsi yang akan dikembangkan asrama haji Indramayu. Keempat fungsi itu sebagai berikut :

Pertama, fungsi pelayanan jemaah haji. Ini merupakan fungsi utama sebagai tempat pelayanan bagi jemaah haji dan umrah.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x