Ada 6Juta Santri di Jabar, Ketua Fraksi PKB: Santri Harus Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

- 5 Februari 2021, 07:56 WIB
Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar, Sidkon Djampi menjadi satu dari 21 orang di Jawa Barat yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di RSUP Hasan Sadikin Bandung, Kamis 14 Januari 2021.
Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar, Sidkon Djampi menjadi satu dari 21 orang di Jawa Barat yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di RSUP Hasan Sadikin Bandung, Kamis 14 Januari 2021. /Zaenal Mutaqin/Literasi News

Literasi News - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Barat, Sidkon Djampi mendesak pemerintah untuk memprioritaskan vaksinasi Covid-19 terhadap santri yang bermukim di pondok pesantren (ponpes) di Jawa Barat.

Dalam Pangkalan Data Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, di Jawa Barat terdapat 8.343 pesantren dengan santri mukim berjumlah 148.987 orang.

Bahkan jika ditambah dengan jumlah pesantren yang tidak tercatat dalam data, di Jabar ada lebih dari 12Ribu pondok pesantren dengan santri mukim sekitar 6Juta orang. Data ini disampaikan Wagub Jabar Uu Rhuzanul Ulum dalam beberapa kesempatan.

Baca Juga: Kenangan Masa Kecil Menag Yaqut Ketika Imlek Datang, Barongsay dan Angpau

"Kami mohon agar vaksinasi Covid-19 terhadap santri bisa mendapat prioritas. Kalau prioritas terhadap tenaga kesehatan okey, yang berdekatan langsung dengan penegakan hukum okey, tetapi jangan salah santri juga harus mendapatkan prioritas," tegas Sidkon, seusai kegiatan JAPRI (Jabar Punya Informasi) yang membahas tentang Perda Pesantren di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis 4 Januari 2021.

Sebab, lanjut dia, santri berada dalam satu komunitas atau dalam satu area tertentu sehingga sangat mungkin menjadi klaster Covid-19.

"Risiko penularannya lebih tinggi, sehingga jika terjadi kasus lebih mudah menyebarnya," ujar anggota Komisi I yang membidangi politik pemerintahan ini.

Baca Juga: Wagub Jabar: Setelah Provinsi, Sebaiknya Perda Pesantren Segera Dibentuk di Tingkat Kabupaten/Kota

Harapannya, kata Sidkon, para santri di Jawa Barat bisa belajar dengan tenang dan normal dan kegiatan pesantren bisa berjalan dengan lancar.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x