Kenangan Masa Kecil Menag Yaqut Ketika Imlek Datang, Barongsay dan Angpau

- 5 Februari 2021, 07:30 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Menteri, punya kesan tersendiri saat Imlek datang, ketika dia masih kecil.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Menteri, punya kesan tersendiri saat Imlek datang, ketika dia masih kecil. /Twitter @YaqutCQoumas/

Literasi News - Hari Raya Imlek yang diperingati masyarakat Tionghoa akan tiba pada hari Jumat, 12 Februari 2021, termasuk di Indonesia. Sebagian besar keluarga Tionghoa akan merayakannya dengan caranya masing-masing.

Biasanya, Hari Raya Imlek selalu semarak dengan berbagai kegiatan. Tak hanya ditunggu warga Tionghoa, tapi juga masyarakat sekitar. Hampir tiap mal akan mendatangkan kesenian barongsay.

Namun, tidak untuk kali ini. Pandemi Covid-19 membuat seluruh kegiatan yang menimbulkan kerumanan, tidak diizinkan. Itu sebagai upaya bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan, berdoa di kelenteng pun akan sangat dibatasi jumlahnya.

Baca Juga: Bertemu Lima Gubernur, Presiden Bahas Penguatan PPKM Level Mikro dan 3T

Semaraknya perayaan Imlek itu pula yang selalu dikenang oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menurut dia, perayaan Imlek membawa kegembiraan bagi masyarakat Tionghoa, khususnya umat Konghucu. Perayaan imlek juga menjadi kegembiraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kegembiraan imlek tersebut yang sangat dirasakan Yaqut saat kecil dahulu. Gus Menteri, begitu ia akrab disapa, mengungkap kenangan tak terlupakan saat perayaan Imlek.

Kala itu, Gus Menteri kecil tinggal di lingkungan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah. Pondok pesantren milik keluarganya tersebut, sangat berdekatan dengan permukiman Tionghoa.

Baca Juga: Duel Tottenham Hotspur vs Chelsea Dini Hari Nanti, Tutup Liga Inggris Pekan ke 22

Itu sebabnya, ketika perayaan Imlek itu, Gus Menteri kecil turut merasakan suasana semaraknya. Mulai dari arak-arakan barongsai hingga bagi-bagi angpao.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x