Berikut Ini 4 Tahap Jadwal dan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

- 18 Januari 2021, 23:10 WIB
Pemerintah melalui Satgas Covid-19 mengeluarkan empat tahap jadwal vaksinasi)
Pemerintah melalui Satgas Covid-19 mengeluarkan empat tahap jadwal vaksinasi) /Sekretariat Kabinet RI

Literasi News - Pelaksaan program vaksinasi Covid-19 akan berlangsung dalam empat tahap. Selain penentuan jadwal, di setiap tahapan pelaksanaannya ditentukan pula sasaran yang bakal mendapat vaksinasi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan untuk suksesnya program vaksinasi dilakukan secara cermat dan hati-hati.

"Masyarakat tetap diingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan harus ketat hingga gilirannya divaksinasi," ujarnya saat menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 18 Januari 2021.

Baca Juga: Komisi X ; Desak Pemerintah Terbitkan SK Untuk Guru Honorer Yang Lulus PPPK

Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, berikut ini empat tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 :

- Tahap pertama, pelaksanaan Januari hingga April 2021. Dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

- Tahap kedua, juga pada periode yang sama, dengan sasaran petugas pelayan publik. Yaitu anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal.

Kemudian perbankan, PLN, perusahaan air minum, serta petugas lainnya yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Dalam waktu ini, juga termasuk usia lanjut yakni di atas usia 60 tahun,” imbuh Reisa.

Baca Juga: Cerita Dibalik Lagu Ambulance Zig Zag Iwan Fals

- Tahap ketiga dilaksanakan April 2021 hingga Maret 2022, dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x