Bagi yang Lulus CPNS 2019 dan Menanti Penetapan NIP. Ini kata BKN

- 3 Februari 2021, 19:59 WIB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan perkembangan penyelesaian NIP CPNS 2019 sudah mencapai 95 persen, PPK diminta segera memberikan SK kepada CPNS.
Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan perkembangan penyelesaian NIP CPNS 2019 sudah mencapai 95 persen, PPK diminta segera memberikan SK kepada CPNS. /Youtube

Literasi News - Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono kembali mengingatkan pelamar yang telah lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan menanti penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) agar tetap menunggu informasi resmi dari instansi masing-masing.

"Tentang proses selanjutnya, tentu menjadi kewenangan instansi masing-masing. Untuk itu, diharapkan pelamar yang lulus menjadi CPNS menunggu informasi resmi dari instansi. Hati-hati terhadap segala bentuk upaya penipuan oleh oknum," jelasnya di ruang kerjanya, Rabu 3 Februari 2021.

Paryono mengatakan BKN akan terus berkomitmen untuk menginformasikan pembaruan proses penetapan NIP CPNS 2019 melalui kanal informasi yang ada, salah satunya website BKN. "Pelamar CPNS yang telah dinyatakan lulus memang menanti rampungnya proses penetapan NIP oleh BKN," katanya.

Baca Juga: Inilah Doa yang Disyariatkan Rasulullah Ketika Hendak Keluar Rumah

Dia mengungkapkan dari informasi yang dilihatnya dari diskusi di media sosial BKN, tidak sedikit dari para pelamar yang lulus CPNS statusnya sudah mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya. "Mungkin hal tersebut yang menyebabkan laman proses penetapan NIP CPNS di situ BKN begitu diminati pembaruannya," terangnya.

Dikutip Literasinews dari laman resmi BKN, disebutkan pembaruan proses penetapan NIP CPNS 2019 menjadi laman pada bkn.go.id yang diakses paling sering di akses sepanjang Januari 2021, yakni sebanyak 294.867 Kali. Data yang disajikan google analitics, sepanjang Januari 2021 website bkn.go.id diakses sebanyak 805,786 kali.

Dengan begitu, laman pembaruan proses penetapan NIP CPNS 2019 menjadi yang tertinggi, mencapai 36,59% dari total akses sepanjang Januari 2021.

Baca Juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Akan Segera Cair, Berikut Syarat Yang Harus Dipersiapkan

Sebelumnya Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyampaikan dalam seleksi CPNS Tahun Anggaran 2019 yang dilakukan pada tahun 2020, telah berhasil direkrut 138.782 orang CPNS dari 4,19 juta pendaftar. Prosesnya berlangsung transparan dan bebas KKN, serta didukung oleh Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Hingga saat ini, lanjutnya, BKN telah menerbitkan 126.351 persetujuan teknis dan penetapan NIP atau 95% dari total 132.169 usulan masuk untuk penetapan NIP yang disampaikan instansi ke BKN.

Namun dikatakan Bima, persetujuan teknis dan penetapan NIP yang telah diterbitkan BKN tersebut belum semua ditindaklanjuti dengan penerbitan SK CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x