Aneh, Karawang 5 Kali Zona Merah Berturut-turut tapi Tidak Masuk Prioritas Vaksinasi Tahap 1

- 14 Januari 2021, 07:59 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Foto: Humas Jabar/

Literasi News –Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menentukan tujuh daerah prioritas di Jawa Barat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tahap I termin I pada hari ini, Kamis 14 Januari 2021.

Ketujuh daerah tersebut yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan Kota Bekasi.Semuanya akan menggelar vaksinasi hari ini, Kamis 14 Januari 2021, sedangkan Kota Bekasi pada Jumat 15 Januari.

Namun Kabupaten Karawang yang menjadi kekhawatiran Pemerintah Provinsi Jawa Barat selama ini karena berstatus zona merah Covid-19 selama lima minggu berturut-turut, luput dari perhatian Kemenkes RI sebagai daerah prioritas untuk digelar vaksinasi.

Baca Juga: Coba Cek Hari Ini Sebanyak 294 Karyawan Kembali Akan Dapat Subsidi Gaji

“Kenapa (Kabupaten Karawang) tidak diprioritaskan? Saya mohon maaf karena kewenangan (Pemerintah pusat),” ujar  Gubernur Jabar Ridwan Kamil, saat memimpin rapat daring bersama tujuh daerah tersebut,dari  Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu 13 Januari.

Dijelaskan, dalam penunjukkan ketujuh daerah tersebut kewenangannya tidak diserahkan ke provinsi. Namun Ridwan Kamil berjanji, setelah selesai vaksinasi termin pertama di tujuh daerah tersebut, akan dilakukan evaluasi untuk persiapan vaksinasi tahap 2 di seluruh daerah di Jawa Barat.

“Akan dievaluasi dulu plus minus seperti apa untuk jadi pembelajaran daerah lain," ucap Emil, sapaannya.

Baca Juga: Jadwal Samsat Keliling Tegal Hari Ini, Kamis 14 Januari 2021. Ada di 3 Tempat

Ia menegaskan, daerah yang belum mendapatkan vaksinasi bukan berarti tidak penting, tetapi alokasi vaksinnya yang terbatas untuk tahap pertama ini.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x