Bersiaplah Batasi Aktivitas, Mulai 11-25 Januari 20 Daerah di Jabar Diterapkan PPKM alias PSBB

- 8 Januari 2021, 20:10 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akhirnya memutuskan 20 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk melakukan pembatasan aktivitas masyarakat (PSBB/PPKM).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akhirnya memutuskan 20 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk melakukan pembatasan aktivitas masyarakat (PSBB/PPKM). /Foto: Dok. Humas Jabar/Literasi News

Literasi News - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar mengatakan, pihaknya telah menetapkan 20 daerah di Jabar akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional terhitung sejak hari Senin tanggal 11 sampai 25 Januari 2021.

PSBB Proporsional atau PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) tersebut, lanjut Ridwan Kamil, merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2021.

Hal itu dikatakannya, seusai menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Pulau Jawa dan Bali bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, pada Jumat 8 Januari 2021.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Pagi-pagi Jongkok di Gerbang Tol Cileunyi, Demi Beli Makanan Ini

Dijelaskan, pemerintah pusat telah memerintahkan PPKM wajib dilakukan di daerah Bodebek (Kabupaten Bogor dan Bekasi, serta Kota Bogor, Depok, Bekasi) dan Bandung Raya (Kota Bandung dan Cimahi, serta Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang).

Namun, kata dia, pemerintah pusat tetap memberi kewenangan kepada provinsi untuk merekomendasikan daerah lain sekiranya terjadi kondisi darurat atau berisiko tinggi penyebaran COVID-19.

Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Jawa Barat memutuskan pemberlakukan PPKM itu di 10 daerah lainnya selain 10 daerah di atas sesuai rekomendasi pusat. Dengan begitu secara total ada 20 daerah yang wajib melakukan PPKM atau PSBB Proporsional.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan dan Penganiaya Sepasang Kekasih Berhasil Ditangkap

"Ada 20 daerah di Jabar yang akan melaksanakan PSBB Proporsional mulai dari hari Senin tanggal 11 Januari 2021 selama dua minggu untuk menekan laju pertumbuhan penularan COVID-19," tegas Emil, sapaannya.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x