6 Amalan Sunah Pada Hari Raya Idul Adha dan Keutamaannya

- 28 Juni 2023, 11:29 WIB
6 Amalan Sunah Pada Hari Raya Idul Adha dan Keutamaannya
6 Amalan Sunah Pada Hari Raya Idul Adha dan Keutamaannya /

Literasi News- Pada hari raya Idul Adha ada enam amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan bagi umat muslim diseluruh dunia dan juga banyak keutamaannya.

Hari raya Idul Adha identik dengan hari raya qurban karena pada hari ini disunnahkan untuk menyembelih domba, kambing dan sapi bagi yang sudah mampu.

Selain itu ada enam amalan dan keutamaannya pada hari raya Idul Adha. Hal ini tentu agar ketika melakukan hal tersebut bisa mendapatkan pahala. Di Indonesia hari raya Idul Adha akan dilaksanakan pada Kamis, 29 Juni 2023.

Baca Juga: Bacaan Takbiran Idul Adha Versi Pendek dan Panjang, Teks Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia

Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut enam amalan dan keutamaan yang sangat dianjurkan pada hari raya Idul Adha:

1. Mengumandangkan takbir

Amalan yang paling dianjurkan pada Idul Adha adalah mengumandangkan takbir di masjid-masjid, mushalla, dan rumah-rumah. Anjuran ini mulai bisa dilakukan pada malam hari raya Idul Adha, hingga hari tasyrik terakhir, 13 Dzulhijjah

Hal ini sebagaimana termaktub dalam kitab Raudlatut Thalibin, bahwa disunahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah.

2. Mandi sahalat Idul Adha

Sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, dianjurkan untuk mandi dengan niat khusus. Hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam hari sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x