Kisah Teladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan Sejarah Terjadinya Hari Raya Kurban

- 10 Juni 2023, 10:48 WIB
Kisah Teladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan Sejarah Terjadinya Hari Raya Kurban
Kisah Teladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan Sejarah Terjadinya Hari Raya Kurban /Unsplash / Fahrul Azmi.

Literasi News- Kisah teladan Nabi Ismail bagi setiap umat muslim setiap satu tahun sekali pasti akan merayakan hari kurban atau dikenal dengan Idul Adha. Pada hari ini, umat muslim akan menyembeli hewan kurban berupa sapi atau kambing atau unta.

Dibalik terjadinya Idul Adha terdapat kisah dari dua orang Nabi yang di mana mereka berdua memiliki hubungan pertalian darah, yaitu ayah dan anak.

Dalam kisah Nabi dan Rasul ini, Nabi Ibrahim AS adalah ayah dari Nabi Ismail AS, hubungan mereka berdua patut dicontoh oleh umat muslim terutama saat menjalankan perintah Allah.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Idul Adha, Lengkap dengan Tata Cara dan Urutannya

Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU.
Kisah yang diperankan dua putra Nabi Adam ‘alaihis salam pada tulisan sebelumnya, sejarah juga mencatat tentang perjalanan Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang harus mengurbankan putranya, yaitu Nabi Ismail ‘alaihis salam.

Peristiwa itu terjadi setelah meledaknya tragedi pembakaran Nabi Ibrahim yang dilakukan Raja Namrud dan anak buahnya. Hanya saja sebagai bukti kenabian dan salah satu mukjizat Nabi Ibrahim, Allah menyelamatkannya dengan memerintahkan api yang membakar tubuhnya menjadi dingin dan keselamatan baginya.

Setelah peristiwa itu terjadi, Nabi Ibrahim memutuskan untuk berhijrah meninggalkan Raja Namrud dan kaumnya. Ketika perjalanan hijrah yang ia tempuh sudah selesai, Nabi Ibrahim menikah dengan Siti Hajar dan dikaruniai putra, yaitu Nabi Ismail ‘alaihis salam yang kelak juga diangkat menjadi nabi.

Baca Juga: Tatacara Puasa Syawal: Keutamaan, Waktu, Berapa Hari dan Niatnya

Perjalanan bersama keluarga terus berkelanjutan. Begitupun dengan Ismail kecil. Semakin lama bersama sang ayah, umurnya semakin hari semakin bertambah. Saat Nabi Ibrahim begitu sayang kepadanya, ternyata dalam tidurnya ia bermimpi menyembelih dan mengurbankan putra tersayangnya itu.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x