Sejarah Perayaan Hari Raya Idul Fitri Pada 1 Syawal Yang Diperingati Umat Muslim Setiap Tahun

- 16 April 2023, 20:38 WIB
Ilustrasi, Sejarah Perayaan Hari Raya Idul Fitri Pada 1 Syawal Yang Diperingati Umat Muslim Setiap Tahun
Ilustrasi, Sejarah Perayaan Hari Raya Idul Fitri Pada 1 Syawal Yang Diperingati Umat Muslim Setiap Tahun /Pexels.com/mentatdgt

Literasi News - Dengan mengetahui sejarah Idul Fitri, tentu Anda bisa lebih memaknai perayaan Idul Fitri setiap tahun dengan lebih bijaksana dan Mengetahui sejarah tersebut. Khususnya untuk umat muslim seluruh dunia.

 

Sementara itu, penentuan Hari Raya Idul Fitri 2023 menggunakan dua metode, yakni metode hisab dan rukyat. Metode tersebut digunakan pemerintah dan juga ormas Islam, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Perlu diketahui ketika membaca usakan dengan teliti dan diulang kembali ketika membacanya. Hal ini dikhawatirkan terjadi kesalah fahaman.
Berikut sejarah singkat IdulFitri dikutip dari literasinews.com dari laman resmi NU:

Baca Juga: Keutamaan Hari Raya Idul Fitri dan Maknanya, Begini Penjelasannya

Pertama, awal mula dilaksanakannya hari raya Idul Fitri pada tahun ke-2 Hijriah. Saat itu bertepatan dengan kemenangan kaum Muslimin dalam perang badar. Kemenangan itu menjadi sejarah bahwa di balik perayaan Idul Fitri ada histeria dan perjuangan para sahabat untuk meraih kemenangan dan menjayakan Islam.

Oleh karenanya, setelah kemenangan diraih umat Islam, secara tidak langsung mereka merayakan dua kemenangan, yaitu kemenangan atas dirinya yang telah berhasil berpuasa selama satu bulan, dan kemenangan dalam perang badar.
Kedua, sebelum Islam datang, kaum Arab jahiliyah mempunyai dua hari raya yang dirayakan dengan sangat meriah.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa asal-usul disyariatkannya hari raya ini tidak lepas dari tradisi orang jahiliyah yang mempunyai kebiasaan khusus untuk bermain dalam dua hari, yang kemudian dua hari itu oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam diganti menjadi hari yang lebih baik, dan perayaan yang lebih baik pula, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Rasulullah Saw bersabda:

Baca Juga: Nonton Anime Dead Mount Death Play Episode 2 Sub Indo: Link Streaming, Jadwal Tayang, dan Preview Sinopsis

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x