4 Amalan Ini di Bulan Puasa Ramadhan Pahalanya Dilipatgandakan, Ini Kata Rasulullah SAW Dalam Sebuah Hadist

- 1 April 2023, 22:25 WIB
4 Amalan Harian di Bulan Puasa Ramadhan Pahalanya Dilipatgandakan, Ini Kata Rasulullah SAW Dalam Sebuah Hadist
4 Amalan Harian di Bulan Puasa Ramadhan Pahalanya Dilipatgandakan, Ini Kata Rasulullah SAW Dalam Sebuah Hadist /Twibbonize

Literasi News - Bulan Puasa Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi setiap orang yang beriman. Sebab di dalamnya penuh dengan keutamaan, setiap amalan kebaikan seorang mukmin akan dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali dibandingkan bulan-bulan biasa.

 

Berikut ini ada 4 amalan harian yang dapat kita lakukan untuk meraih keutamaan di Bulan Puasa Ramadhan. Ke empat amalan tersebut pahalanya dilipatgandakan.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menjelaskan, di Bulan Puasa Ramadhan setiap amalan kebaikan seorang mukmin akan dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali dibandingkan bulan-bulan biasa, seperti dijelaskan dalam hadits di bawah ini :

Baca Juga: Ikuti Anjuran Nabi Muhammad SAW, Perbanyak Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadan

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ ، الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ ، فَإِنَّهُ لِي ، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي . ( رواه مسلم)

Dari Abi Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: ‘Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan, satu kebajikan dilipatgandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa karena puasa adalah untuk-Ku dan Aku-lah yang membalasnya. Dia meninggalkan kesenangan sahwatnya dan makannya karena-Ku,” (HR Muslim).

Tidak hanya itu, pada bulan Puasa Ramadhan terdapat malam, jika seseorang menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kebaikan maka pahala kebaikannya lebih baik dari ibadah seribu bulan (kurang lebih 83 tahun), yaitu malam lailatul qadar (QS. Al-Qadr [97]:1-5).

Baca Juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan Arab Latin dan Artinya, Lengkap Cara Sederhana Rasulullah Berbuka Puasa Ramadhan

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x