Empat Ketua Umum PBNU yang Menyandang Gelar Doktor Honoris Causa

- 12 Maret 2023, 01:55 WIB
Empat Ketua Umum PBNU yang Menyandang Gelar Doktor Honoris Causa.
Empat Ketua Umum PBNU yang Menyandang Gelar Doktor Honoris Causa. /Dok NU

Literasi News - Ada empat ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang dianugerahi gelar doktor Honoris Causa, yaitu KH Idham Chalid, KH Abdurrahman Wahid, KH Hasyim Muzadi, dan KH Yahya Cholil Staquf.

Keempatnya dianugerahi gelar doktor kehormatan dari institusi pendidikan tinggi yang berbeda, baik dari perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri.

Gelar doktor kehormatan (honoris causa) diberikan oleh institusi keilmuan atau perguruan tinggi kepada sosok yang dinilai meletakkan kontribusi besar, baik pemikiran maupun tindakannya bagi kebaikan masyarakat banyak di level nasional dan internasional.

Baca Juga: Tak Ada Capres Punya Elektabilitas Tinggi, PKB Mantap Usung Gus Muhaimin

Dilansir literasinews.com dari laman resmi NU Berikut 4 Ketua umum PBNU yang bergelar doktor:

1. KH Idham Chalid

Ketua Umum PBNU 1956-1984 ini dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir pada tahun 1959.

Alumnus Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah dan Gontor itu mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar Mesir dalam bidang pengetahuan Islam dan perjuangan Islam.

Selain berjuang untuk kemerdekaan, kiprahnya di PBNU dan pemerintahan dinilai sangat penting bagi perjuangan Islam saat itu sehingga ia berhak menyandang gelar doktor dari kampus bersejarah di Mesir itu.

Baca Juga: Ijtima Ulama Jawa Barat Digelar di Universitas Cipasung, Ini Agenda yang Akan Dibahas

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah