Doa Ziarah Kubur Lengkap, Arab, Latin Serta Terjemahannya

- 1 Mei 2022, 22:53 WIB
Doa ziarah kubur lengkap beserta tata caranya sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW
Doa ziarah kubur lengkap beserta tata caranya sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW /flickr/Ahmad Zamri Ahmad Zahir/

Literasi News - Akhirnya setelah menjalankan ibadah puasa sebulan lama sampai pada hari raya idul Fitri 1443 H yang jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022.

Berbagai aktivitas perayaan idul Fitri dilaksanakannya selain tidak terkecuali berziarah ke makam keluarga dan para leluhur hal itu biasa dilakuan pada usia pelaksanaan solat idul Fitri.

Tentunya Doa saat ziarah Kubur adalah sesuatu yang penting karena itu merupakan salah satu dari tujuan berziarah: mendoakan mereka yang telah meninggal dunia. Ada beragam bacaan atau doa ziarah kubur yang bisa dipanjatkan, mulai dari ucapan salam kepada ahli kubur, hadiah al-Fatihah dan Yasin, tahlil, hingga memohonkan ampunan.

Ziarah kubur dengan berdoa atau sekadar membersihkan makam merupakan salah satu anjuran dalam agama Islam karena memiliki banyak keutamaan seperti mengingatkan peziarah tentang kematian sehingga kualitas ketakwaan kepada Allah swt semakin membaik. Meski Nabi Muhammad saw pernah melarang ziarah kubur, tapi kemudian larangan ini direvisi (mansukh)

Baca Juga: Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, TPA Raudatussyibyan Menggelar Pawai Lampion

Salah satu dasar anjuran ziarah kubur ini adalah sabda Rasulullah berikut: dikutip dari laman NU Online;

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً
Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim).


Terkait doa ziarah kubur, Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menganjurkan para peziarah untuk mengawali dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dzikir, serta mendoakan ahli kubur di daerah yang diziarahi dan semua umat Islam.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri Terbaru 2022/1 Syawal 1443 H - Download Disini
Rasulullah mencontohkan kepada kita semua saat ziarah kubur untuk mengucapkan salam:
 

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x