Bacaan Dzikir Ketika Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan Agar Dapat Meraih Malam Lailatul Qadar

- 25 April 2022, 20:52 WIB
Bacaan Dzikir Ketika Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan Agar Dapat Meraih Malam Lailatul Qadar
Bacaan Dzikir Ketika Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan Agar Dapat Meraih Malam Lailatul Qadar /freepik

Literasi News - Berikut ini bacaan dzikir ketika itikaf di 10 hari terakhir Ramadhan agar mendapatkan malam lailatul qadar. Dzikir ini salah satu hal penting untuk melengkapi ibadah.

Dalam 10 hari terakhir Ramadhan, zikir sangat dianjurkan karena dapat mendekatkan kita kepada Allah.

Dikutip dari berbagai sumber, dzikir adalah kunci pembuka penyatuan seorang hamba dan Allah.

Karena itu bacaan zikir 10 hari terakhir Ramadhan perlu diamalkan untuk meraih kenikmatan ibadah, mengais keberkahan Ramadhan serta Lailatul Qadar.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Orang Dapat Malam Lailatul Qadar, Salah satunya Wajah Bersinar

Untuk diketahui, 10 hari terakhir Ramadhan merupakan hari yang penuh keutamaan. Pada rentang 10 hari terakhir itu, Allah SWT menganugerahkan kepada manusia malam Lailatul Qadar.

Dalam kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi berkata, “Ketahuilah bahwa keutamaan zikir tidak terbatas pada tasbih, tahlil, tahmid, takbir dan semacamnya. Bahkan setiap orang yang berbuat ketaatan kepada Allah SWT, maka dia berzikir kepada Allah SWT, demikianlah yang dikatakan sahabat Sa'id bin Jubair radhiyallahu 'anhu dan para ulama lainnya.”

Dari keterangan tersebut diketahui bahwa zikir bukanlah sekadar aktivitas yang terbatas pada tasbih, tahlil, tahmid, takbir dan semacamnya. Imam an-Nawawi menyiratkan bahwa makna zikir dapat diartikan juga sebagai bentuk ketaatan seseorang terhadap Allah SWT.

Baca Juga: Jadwal Tayang Film Spesial Lebaran SCTV 2-8 Mei 2022, Ada Dilan, Gundala, Keluarga Cemara, Dancing In The Rain

Dalam QS al-Ahzab: 35, Allah SWT berfirman:
“Laki-laki dan perempuan yang banyak berzikir kepada Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x