Bacaan Doa Nabi Muhammad SAW saat Itikaf di Malam 10 Hari Terakhir Ramadhan untuk Raih Lailatul Qadar

- 23 April 2022, 22:26 WIB
Bacaan Doa Nabi Muhammad SAW saat Itikaf di Malam 10 Hari Terakhir Ramadhan untuk Raih Lailatul Qadar
Bacaan Doa Nabi Muhammad SAW saat Itikaf di Malam 10 Hari Terakhir Ramadhan untuk Raih Lailatul Qadar /twibbonize.com/Muhammad Luthfi

Literasi News - Itikaf di 10 malam terakhir Ramadhan perlu dilakukan untuk menyempurnakan ibadah puasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW selalu melakukannya.

Dikutip dari NU Online, dalam pandangan Imam Syafi’i, walaupun hanya sesaat selama dibarengi oleh niat yang suci, Nabi Muhammad selalu melakukannya pada sepuluh hari dan malam terakhir bulan puasa.

Di sanalah beliau bertadarus dan merenung sambil berdoa. Muhammad Quraish Shihab dalam "Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (1999)" mengungkapkan salah satu doa yang paling sering beliau baca dan hayati maknanya adalah:

"Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.".

Baca Juga: Bayern vs Dortmund Live tvOne Hari Ini 23 April 2022, Simak Jadwal dan Jam Tayang Siaran Langsung Bundesliga

"Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka)."

Doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad tersebut bukan sekadar berarti permohonan untuk memperoleh kebajikan di dunia dan akhirat, tetapi juga untuk memantapkan langkah dalam berupaya meraih kebajikan yang dimaksud.

Artinya daya atau kemampuan untuk mendapatkan kebajikan tersebut. Sebab doa sendiri mengandung arti permohonan yang disertai usaha.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2022 Live Trans7 Hari Minggu 24 April 2022, Simak Jam Tayang Live Race MotoGP 2022

Lailatul qadar adalah di antara kekhususan yang Allah anugerahkan kepada umat Nabi Muhammad melalui malam yang penuh kemuliaan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x