Simak! Keutamaan Nisfu Syaban, Lengkap dengan Tata Cara Salat Tasbih, dan Bacaannya

- 18 Maret 2022, 11:26 WIB
Simak! Keutamaan Nisfu Syaban, Lengkap dengan Tata Cara Salat Tasbih, dan Bacaannya
Simak! Keutamaan Nisfu Syaban, Lengkap dengan Tata Cara Salat Tasbih, dan Bacaannya /Nu.or.id

Literasi News - Malam Nisfu Syaban diperingati setiap malam ke-15 bulan Syaban yang tahun ini akan dimulai pada Jumat, 18 Maret 2022 malam hingga Sabtu, 19 Maret 2022.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada saat Nisfu Syaban adalah salat tasbih. Bulan Syaban merupakan bulan sebelum bulan Ramadan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda barang siapa memberitahukan berita datangnya bulan Syaban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

Malam Nisfu Syaban juga dinamakan malam pengampunan atau malam maghfirah. Imam Al Gozhali RA mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat atau pertolongan.

Baca Juga: Jadwal All England Hari Ini, Jumat, 18 Maret 2022: Ada Kevin-Marcus vs Jepang, Jonatan Christie vs Chou Tien

Bulan Syaban bisa diisi dengan doa-doa, juga amal yang mampu mempertebal keimanan. Sementara malam Nisfu Syaban biasanya dilakukan bersama di masjid atau di rumah karena kondisi pandemi.

Nisfu Syaban dapat dimulai dengan melakukan sejumlah salat sunah. Salat sunah yang dianjurkan adalah salat hajat, salat taubat, dan salat tasbih.

Berikut ini keutamaan, dan tata cara salat tasbih Nisfu Syaban. Sebagaimana dilansir Literasinews dari NU Online, para ulama mendasarkan kesunahan salat tasbih pada sebuah hadis riwayat Abu Rafi' di mana Rasulullah memberitahukan kepada paman beliau Abbas tentang tata cara dan berbagai keutamaan melakukan salat tasbih.

Baca Juga: Jadwal Acara tvOne Hari Ini, Jumat, 18 Maret 2022, Tonton Perempuan Bicara, Khazanah Islam, Manusia Nusantara

Dalam berbagai kitab fiqih yang menuturkan perihal salat tasbih, para ulama menyebut hadis yang cukup panjang. Meski dipandang sebagai hadits dlaif (lemah), tapi para ulama Syafi'iyah seperti Abu Muhammad Al-Baghawi dan Abul Mahasin Ar-Rayani menetapkan kesunahan salat tasbih ini.

Sementara bila dilihat dari sisi keutamaannya, para ulama memandang salat tasbih memiliki keutamaan begitu besar sampai Imam As-Subki menyatakan bahwa:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x