Muhasabah Pagi: Amal Jariyah, dan Dosa Jariyah akan Terus Mengalir, Meski Pelakunya Sudah Meninggal Dunia

- 18 Agustus 2021, 07:26 WIB
Muhasabah Pagi: Amal Jariyah, dan Dosa Jariyah akan Terus Mengalir, Meski Pelakunya Sudah Meninggal Dunia
Muhasabah Pagi: Amal Jariyah, dan Dosa Jariyah akan Terus Mengalir, Meski Pelakunya Sudah Meninggal Dunia /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Kita sering mendengar kata jariyah, kata ini berasal dari kata jāra yang mengandung arti mengalir. Kata ini juga sering kita dengar dihubungkan dengan kata shadaqah, sehingga Shadaqah jariyah bermakna shadaqah yang terus mengalir kepada pelakunya selama shadaqahnya terus memberikan banyak manfaat kepada penerimanya.

Namun yang mengalir akibat dari perbuatan seseorang itu tidak hanya dalam bentuk shadaqah saja, tetapi termasuk pula setiap kebiasaan yang dilakukan seseorang. Apakah itu kebiasaan baik atau buruk akan terus mengalir pahala dan dosa kepada pelakunya, meskipun pelakunya telah meninggal dunia, jika dua kebiasaannya itu terus ditiru dan diikuti oleh orang lain secara turun-temurun.

Baca Juga: Cara Daftar dan Update Data KTP Kartu Prakerja Gelombang 18 di www.prakerja.go.id

Keadaan ini dijelaskan oleh Nabi SAW dalam sebuah hadits yang menyatakan:

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً، فَلَهُ أَجْرُهَا، وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً، كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ  

“Barangsiapa yang melakukan sunnah hasanah (kebiasaan yang baik) dalam Islam maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mengikutinya, dengan tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa yang melakukan sunnah sayyi’ah (kebiasaan yang buruk) dalam Islam maka ia akan mendapatkan dosanya dan dosa orang yang mengikutinya, dengan tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun” (HR Muslim).

Baca Juga: Rangkaian Film Layar Lebar Xtraordinary SCTV 31 Tayang 21-23 Agustus 2021: Senior, Mariposa, hingga Gundala

Inilah yang dinamakan amal jariyah atau amal yang pahalanya terus mengalir kepada pelakunya, dan dosa jariyah yaitu dosa yang terus mengalir kepada pelakunya, meskipun pelakunya telah meninggal dunia.

Tidak dibayangkan alangkah banyaknya pahala kebaikan yang akan diperoleh oleh seseorang meskipun ia telah meninggal, hasil dari kebiasaan baiknya yang dia lakukan selama hidupnya, lalu kebaikan itu ditiru oleh orang lain setelahnya dari generasi ke generasi.

Sebaliknya alangkah banyaknya dosa yang akan diperoleh oleh seseorang meskipun ia telah meninggal, akibat perbuatan buruk yang dia lakukan selama hidupnya, dan keburukan itu ditiru oleh orang lain secara turun-temurun.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x