Muhasabah Pagi: Allah SWT Memerintahkan Kita Melaksanakan Ajaran Nya Secara Menyeluruh

- 5 Agustus 2021, 07:48 WIB
Muhasabah Pagi: Allah SWT Memerintahkan Kita Melaksanakan Ajaran Nya Secara Menyeluruh
Muhasabah Pagi: Allah SWT Memerintahkan Kita Melaksanakan Ajaran Nya Secara Menyeluruh /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Allah SWT memerintahkan kita untuk masuk ke dalam agama Islam secara menyeluruh (al- Baqarah [2]: 208), sebagai konsekwensi ketika kita beriman kepada Allah SWT, kepada Rasul-Nya, serta kepada Kitab dan ajaran yang diturunkan kepada para Rasul-Nya.

Ketika seseorang tidak menyukai sebagian dari ajaran Allah SWT atau bahkan menganggapnya tidak sesuai dengan pemikirannya, bukan berarti lantas ia tidak melaksanakan perintah Allah SWT tersebut, melainkan keadaan itu menunjukkan ada sesuatu yang kurang dalam keimanannya kepada Allah SWT. Sebab pinsip dasar dari ajaran Allah SWT adalah untuk kebaikan kehidupan manusia seluruhnya.

Sikap pilih-pilih dalam melaksanakan ajaran Allah SWT, dengan cara melaksanakan sebagian ayat yang dianggap sesuai dan mengingkari sebagian ayat yang dianggap tidak sesuai dengan keinginannya, keadaan ini menunjukkan bahwa dia tidak beriman kepada Allah SWT.

Baca Juga: Simak Ketentuan Masa Sanggah CPNS dan PPPK 2021

Keadaan ini Allah SWT ingatkan dalam salah satu firman-Nya berkaitan dengan orang-orang yahudi yang melaksanakan sebagian dari ayat-ayat Allah SWT (dalam Taurat), ketika ayat tersebut memberikan keuntungan secara langsung berupa materi financial kepada mereka, namun mereka mengingkari sebagian ayat-ayat Nya ketika tidak ada keuntungan langsung bagi mereka.

Allah SWT berfirman:

...  ۚ أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ الْكِتٰبِ وَتَكْفُرُونَ بِبَعْضٍ  ۚ فَمَا جَزَآءُ مَنْ يَفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْكُمْ إِلَّا خِزْىٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا  ۖ وَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّونَ إِلٰىٓ أَشَدِّ الْعَذَابِ  ۗ وَمَا اللَّهُ بِغٰفِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

"... Apakah kamu beriman kepada sebagian Kitab (Taurat) dan ingkar kepada sebagian (yang lain)? Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Baqarah [2]: Ayat 85)

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Berikut Tahapan dan Penjelasannya

Dalam kehidupan saat ini seringkali kita rasakan ajaran agama hanya dilaksanakan dalam wilayah yang sempit, berkaitan dalam masalah ibadah mahdloh saja, namun ketika berkaitan masalah ekonomi, sosial dan politik, agama seringkali tidak dilibatkan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x