Muhasabah Pagi: Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzul Hijjah, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini

- 12 Juli 2021, 07:02 WIB
Muhasabah Pagi: Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzul Hijjah, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini
Muhasabah Pagi: Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzul Hijjah, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Saat ini kita sudah memasuki Bulan Dzul Hijjah, salah satu bulan yang termasuk pada asyhar al-haram atau bulan-bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Bahkan hari ini termasuk pada sepuluh hari pertama Bulan Dzul Hijjah, yang sangat banyak keutamaannya.

Keutamaan sepuluh hari pertama Bulan Dzul Hijjah diabadikan oleh Allah SWT melaui salah satu firman-Nya yang menyatakan:

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

"Demi fajar, demi malam yang sepuluh," (QS. Al-Fajr [89]: 1- 2)

Sebagian mufassir, salah satunya dalam tafsir Ibnu Katsir, beliau menafsirkan ayat kedua dalam surat al-Fajr ini adalah berkaitan dengan sepuluh hari pertama Bulan Dzul Hijjah.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Senin 12 Juli 2021, Ada Drakor Tiga Kali Tayang, Like It, hingga MLDspot TV

Diperkuat oleh hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berkaitan dengan keutamaan Bulan Dzul Hijjah tersebut, yang menyatakan:

"مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ" -يَعْنِي عَشَرَ ذِي الْحِجَّةِ -قَالُوا: وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ؟ قَالَ: "وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، إِلَّا رَجُلًا خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، ثُمَّ لَمْ يَرْجِعُ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ"

Tiada suatu hari pun yang amal saleh lebih disukai oleh Allah SWT padanya selain dari hari-hari ini. Yakni sepuluh hari pertama dari Bulan Dzul Hijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, "Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah?" Rasulullah Saw. menjawab: Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah, terkecuali seseorang yang keluar dengan membawa hartanya untuk berjihad di jalan Allah, kemudian tidak pulang selain dari namanya saja. (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x