Dari Kitab Fathul Qorib, Enam Perkara Ini yang Diwajibkan Mandi

- 25 Januari 2021, 10:59 WIB
Ilustrasi, enam perkara yang diwajibkan mandi /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Salah satu praktik untuk menghilangkan hadast besar adalah mandi, atau biasa disebut mandi janabah atau mandi junub.
Firman Alloh SWT:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَقۡرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنۡـتُمۡ سُكَارٰى حَتّٰى تَعۡلَمُوۡا مَا تَقُوۡلُوۡنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِىۡ سَبِيۡلٍ حَتّٰى تَغۡتَسِلُوۡا‌ ؕ وَاِنۡ كُنۡتُمۡ مَّرۡضٰۤى اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ اَوۡ جَآءَ اَحَدٌ مِّنۡكُمۡ مِّنَ الۡغَآٮِٕطِ اَوۡ لٰمَسۡتُمُ النِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُوۡا مَآءً فَتَيَمَّمُوۡا صَعِيۡدًا طَيِّبًا فَامۡسَحُوۡا بِوُجُوۡهِكُمۡ وَاَيۡدِيۡكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوۡرًا

"Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun." (Qs. An- Nisa: 43)

Baca Juga: Kabar Gembira Untuk Warga Jabar, Pemprov Jabar Kucurkan Bantuan Untuk Biaya Kuliah Rp25 Miliar Ini Syaratnya

Dari segi bahasa mandi itu artinya mengalirnya air pada sesuatu, apapun itu. Sedangkan menurut fiqih mandi itu, mengalirnya air pada seluruh badan dengan niat khusus.

Hal yang menyebabkan mandi ada enam. Tiga di antaranya terjadi pada kaum lelaki dan tiga lagi pada kaum wanita :
1. Bertemunya dua alat kelamin
Yang dimaksud adalah lelaki yang hidup memasukkan batang kemaluannya, kedalam kemaluan wanita. Orang yang disetubuhi menjadi hadast karena itu.

2. Mengeluarkan sperma
Maksudnya keluarnya sperma dari seseorang tanpa proses persetubuhan, meskipun spermanya sedikit misalnya satu tetes dan meskipun warnanya seperti darah.

Baca Juga: MU, Everton, Leicester, Burnley dan Chelsea Melaju ke Babak 5 Piala FA. Liverpool Tersingkir

Walaupun keluarnya sperma itu karena persetubuhan atau lainnya, baik dalam keadaan terjaga atau tidur, disertai syahwat atau pun tidak, hal itu tetap mewajibkan mandi. Walaupun sperma keluar bukan lewat jalur biasa, misalnya tulang belakang remuk, lalu keluar sperma.

3. Mati
Kecuali mati syahid.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X