Sedekah Selain Menolak Musibah Dan Penyakit Juga Memiliki Sepuluh Keutamaan

- 21 Januari 2021, 19:13 WIB
Pengurus Bazas Jawa barat salurkan, titipan Muzaki dan sedekah.
Pengurus Bazas Jawa barat salurkan, titipan Muzaki dan sedekah. /Zaenal Mutaqin/Literasi News

Literasi News - Sedekah berasal dari bahasa Arab "Shodaqoh" yang artinya adalah suatu pemberian dari seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa adanya batasan waktu dan jumlah tertentu.

Alloh berfirman
لاخير فى كثير من نجوهم الا من امر بصدقة او معروف او اصلاح بين الناس ومن يفعل ذلك ابتعاء مر ضات الله فسوف نؤته اجرا عظيما
Artinya:
Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan alloh maka kelak kami akan memberinya pahala yang besar. (Qs. An- Nisa: 114)

مثل الذين ينفقون اموالهم في سبيل الله كمثل حبة انبتت سبع سنابل في كل سنبلة ماءة حية والله يضعف لمن يشاء والله واسع عليم

Artinya:
Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan Alloh seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai pada setiap tangkai ada seratus biji. Alloh melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Alloh maha luas, maha mengetahui (Qs. Al - Baqarah: 261).

Baca Juga: Wudhu Batal Dalam Kitab Fathul Qorib Karena Lima Hal Ini

Abu laits As Samarqandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin berpesan agar senantisa bersedekah baik sedikit maupun banyak, karena didalam shadaqah itu terdapat sepuluh kebaikan, lima disunia dan lima diakhirat.

Adapun lima kebaikan di dunia itu, adalah:
1. Membersihkan harta, sebagimana sabda Nabi saw.

الا ان البيع يحضره اللغو والخلف ولكذب فشوبوه بالصدقة
Artinya:
Ingatlah bahwa jual beli itu selalu diliputi oleh hal- hal yang tidak baik, sumpah dan dusta, maka campurilah/ bersihkanlah dengan shadaqah.

2. Membersihkan badan dari dosa,
sebagaimana firman firman Alloh Ta'ala
خذ من اموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم بها
Artinya:
Ambilah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka (Qs. At- Taubah,9: 103)

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x