Dikutip dari kitab Al- Adzkar Annawawi, Ini Doa Agar Dimudahkan Membayar Hutang

- 23 Januari 2021, 17:12 WIB
ILUSTRASI hutang.*
ILUSTRASI hutang.* /PIXABAY


Literasi News - Manusia setidaknya mempunyai dua kewajiban, yaitu Haqqulloh ( kewajiban kita kepada Alloh) yaitu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya seperti sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan dll. Dan Haqul Adami ( yaitu kewajiban kita terhadap sesama manusia) salah satunya adalah tentang membayar utang, seperti membayar cicilan rumah, kendaraan dan yang lainnya.


Kewajiban terhadap sesama manusia ini tentunya harus kita tunaikan, agar nanti kelak di yaumil akhir tidak ada tuntutan lagi sesama manusia.

Hadits Nabi Muhammad Saw

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ رَجُلاً قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ أُحْيِىَ ثُمَّ قُتِلَ مَرَّتَيْنِ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ مَا دَخَلَ الْجَنَّةَ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ

“Demi yang jiwaku ada ditanganNya, seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya hutang, maka dia tidak akan masuk surga sampai hutangnya itu dilunasi.

Hadits ini menggambarkan bagaimana haqqul adami itu harus diselesaikan di dunia ini.

Baca Juga: Menguak Mutiara Dalam Diri Manusia. Apa Saja? Simak Penjelasannya

Dimasa sulit seperti sekarang ini Dikutip dari kitab Al- Adzkar Annawawi, selain kita bersabar dan dan bekerja keras tentunya sebagai muslim kita harus berdoa kepada Alloh Swt agar kita di mudahkan.

Berikut adalah hadits Nabi Muhammad Saw agar dimudahkan membayar hutang

وروينا في كتاب التر مذي عن على رضي الله عنه أن مكاتبا جاءه فقال إني عجزت عن عن كتابتي فأغنني ، قال ألا أعلمك كلمات علمنيهن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، لو كان عليك مثل جبل دينا اداه الله عنك؟ قال : قل: (اللهم إكفني بحلالك عن حرامك، وأغنني بفضلك عمن سواك.
Yang artinya:
Diriwayatkan dalam kitab Atthirmidzi dari Ali ra , bahwa sannya seorang budak mukatab datang kepada Ali , ia berkata, "sungguh aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku." Maka berilah aku pertolongan.Ali pun berkata, "Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa olehmu

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x