Ampas Kelapa Dapat Membuat Tanaman Aglaonema Kamu Mengkilap, Simak Penjelasannya

- 7 Oktober 2020, 07:11 WIB
'Janda Bolong' atau Monstera Adanasonii Variagated (istimewa)
'Janda Bolong' atau Monstera Adanasonii Variagated (istimewa) /

Literasi News - Tanaman hias aglaonema atau sri rezeki sedang menjadi primadona, karena warna daun yang cantik dan unik. Popularitasnya menyaingi tanaman hias janda bolong sebelumnya.

Habitat asli tanaman ini di bawah hutan hujan tropis, yakni pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Memiliki daun yang menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Memperkilap daun aglaonema memang butuh biaya karena bahan-bahannya mahal. Tapi sekarang ada Iho cara paling murah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Minggu Ini 5-10 Oktober 2020: Gemini Perlu Menjaga Kesehatan Tubuh

Dikutip literasinews dari laman anekaplanta, bicara soal daun aglaonema yang mengkilap itu, Greg Hambali selaku penemu aglaonema varietas Pride of Sumatera punya jurus alternatif yang tentu lebih murah dan aman, yakni pakai ampas kelapa. Dengan demikian daun aglaonema anda akan lebih mengkilap.

Ampas kelapa yang dimaksudkan Greg adalah ampas yang suda diperas santannya sehingga murni tersisa ampasnya saja. Meski san nya hilang, bukan berarti kadar lemaknya sirna tanpa sisa. Kandungan lemak tetap ada dalam ampas kelapa. Biar sedikit, tapi mampu memperkilap daun-daun aglaonema. Kadar lemak itulah yang bisa bikin daun aglaonema jadi mengkilap.

Setelah ampas-ampas kelapa itu didapat, lalu langsung tebar ke seluruh daun aglaonema berapa pun jumlahnya. Usai penebaran tersebut, ambil kain lap atau kain apa saja yang sebelumnya sedikit dibasahi dengan air. Kemudian usap tiap-tiap daun aglaonema tadi satu per satu hingga ampasnya hilang.

Baca Juga: 102 Tenaga Kesehatan di Cirebon Positif Covid, Satu di antaranya Meninggal Dunia

Saat mengusap itu, daun-daun aglaonema jadi bersih dan mengkilap. Upayakan pengusapan dengan kain lap itu sebersih mungkin hingga ampas benar-benar hilang. Cara ini memang kurang praktis. Tapi lebih ekonomis lho sehingga cocok untuk pengiritan. Yang penting daun aglaonema kamu bisa mengkilap. Dan tentu, ampas kelapa tidak memiliki efek samping pada aglaonema apalagi sampai mematikan segala. Pokoknya koleksi Anda aman dengan ampas kelapa.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x