Waspada! Wanita Sengkolo Bahu Laweyan atau Wanita Pemakan Arwah Berikut Ciri-cirinya

- 21 Juli 2022, 10:02 WIB
Ilustrasi Waspada! Wanita Sengkolo Bahu Laweyan atau Wanita Pemakan Arwah Berikut Ciri-cirinya.
Ilustrasi Waspada! Wanita Sengkolo Bahu Laweyan atau Wanita Pemakan Arwah Berikut Ciri-cirinya. /Pixabay/Syaibatulhamdi/

Literasi News - Nusantara kaya akan budaya mistis, banyak di beberapa daerah yang mempunyai cerita yang berhubungan dengan mistis, misalnya di Jawa ada salah satu cerita mistis yang dikenal dengan nama wanita bahu Laweyan.

Seiring dengan berjalannya waktu, wanita bahu Laweyan ini sering disebut dengan wanita pembawa kutukan, kenapa demikian, karena setiap kali menikah maka pasangan laki-lakinya akan berujung pada kematian.

Kematiannya sering kali tidak wajar, ada anggapan bahwa wanita bahu Laweyan ini adalah wanita pemakan arwah.

Baca Juga: Persib Bandung Akan Menjual Tiket 100 Persen Online, Ini Tujuannya

Cerita mistis seperti ini mulai berkembang pada abad ke 9, dimana dituliskan dalam serat Witaradya Karya Ronggowarsito, konon sesungguhnya wanita bahu Laweyan ini memang ada. Tetapi jumlahnya dapat dihitung dengan jari.

Kisah tersebut dimulai ketika kerajaan Pengging mengadakan acara jumenengan yaitu ulang tahun penobatan Raja.

Raja Pengging pada saat itu tidak hanya dikenal sakti saja, tetapi juga memiliki banyak teman. Baik dari golongan manusia maupun dari golongan jin, dimana ada satu jin yang bernama Gandarwa Kurawa.

Dalam acara jumenengan tersebut Gandarwa tertarik pada salah seorang putri yang bernama Dewi Citrasari, namun dia tidak bisa berbuat apa-apa.

Karena selain sungkan dengan Raja yang menjadi sahabatnya juga karena dirinya berasal dari dunia yang berbeda.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah