Aplikasi Kedokteran yang Kian Cerdas dengan Dukungan Teknologi AI

- 6 November 2020, 16:07 WIB
Halodoc menggunakan AI untuk sempurnakan cara dokter menerima masukan
Halodoc menggunakan AI untuk sempurnakan cara dokter menerima masukan /Foto: Halodoc/

Literasi News - Dunia kedokteran kian canggih saja di era serba digital seperti sekarang ini. Begitupun sektor lainnya seperti pendidikan dengan maraknya aplikasi yang menyediakan layanan les private, baik yang gratis maupun berbayar seperti aplikasi Ruang Guru.

Melalui surat elektroniknya, Image Dynamics sebagai perwakilan Google Indonesia menyampaikan bahwa, ada beberapa aplikasi dan website kedokteran yang di antaranya adalah Halodoc.

Halodoc merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia dengan pelayanan di bidang telekonsultasi kesehatan. Halodoc didirikan pada  pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta.

Baca Juga: Tahun Depan Tiap Sekolah akan Menerima 15 Laptop, Anggaran Digitalisasi Sekolah 2021 Rp3 T

Melalui halodoc, orang dapat berbicara dengan dokter spesialis membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium lewat smartphone kapan saja dan dimana saja selama 24 jam. Tujuan Halodoc adalah simplifying healthcare, yakni memudahkan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kali ini, Halodoc meluncurkan aplikasi telemedicine yang memungkinkan dokter memberikan tanggapan yang dipersonalisasi dengan bantuan teknologi berkemampuan ML untuk meningkatkan perawatan pasien.

Melalui platform telemedicine seluler, Halodoc ingin mempermudah akses terhadap perawatn kesehatan yang tepat waktu serta dapat menjadi andalan masyarakat, dengan menghubungkan masyarakat Indonesia kepada para dokter serta membantu mengatur janji konsultasi antara pasien dengan dokter.

Baca Juga: 33 Desa di Kabupaten Cianjur Jadi Prioritas Penanganan Stunting

Halodoc juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang berpusat pada manusia (human-centered artificial intelligensi- HAI), yang merupakan sebuah penelitian baru dan dapat menerima masukkan dari para pengguna untuk meningkatkan cara kerja sistem Al, serta memberikan pengalaman terbaik untuk para penggunanya.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah