Dishub Kabupaten Sukabumi Ujicoba Layanan Pembayaran KIR Online Berbasis Aplikasi

- 28 Oktober 2020, 08:28 WIB
Pemberitahuan Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi
Pemberitahuan Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi /jabarprov.go.id/

Literasi News - Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi berupaya meningkatkan kualitas dan kemudahan layanan publik, salah satunya layanan pembayaran KIR secara online berbasis aplikasi.

Dilansir laman jabarprov.go.id, saat ini Dishub melalui Unit Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan bermotor (UPUKBK) melakukan tahap uji coba pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor/KIR Non Tunai, melalui aplikasi menggunakan MPOS-QRIS BJB mulai Tanggal 26 Oktober sampai dengan 31 Desember 2020.

Pembayaran KIR digital tersebut, selain bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan KIR bagi masyarakat khususnya pemilik kendaraan, juga bisa menghindari praktik pungli percaloan. Manfaat lainnya, bisa mencegah penyebaran dan penularan wabah pandemi Covid-19.

Baca Juga: ASN di Kabupaten Purwakarta Diimbau Tidak Keluar Kota Saat Libur Panjang dan Cuti Bersama

Dishub Kabupaten Sukabumi mulai menyampaikan pemberitahuan, ditujukan kepada seluruh masyarakat/pemohon yang akan melakukan pengujian kendaraan bermotor/KIR.

Isinya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi melalui UPUKBK akan melakukan tahap uji coba pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor/KIR Non Tunai melalui aplikasi menggunakan MPOS-QRIS BJB.

Waktu pelaksanaannya mulai Tanggal 26 OKTOBER sampai dengan 31 DESEMBER  2020. Dengan menggunakan aplikasi MPOS-QRIS BJB, Pembayaran KIR bisa melalui aplikasi seperti Bank BJB digi cash, OVO, LinkAja!, DANA dan GoPay.

Baca Juga: Rektor IPB Usulkan Satelit Pendidikan, Kota Bandung Sudah Terapkan TV Satelit Bandung 312

Mobile Point Of Sale atau mPOS ini merupakan teknologi pada smartphone atau perangkat portable lainnya yang berfungsi sebagai mesin kasir untuk transaksi pembayaran yang sangat mudah.

Sementara QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan. QRIS satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x