Desa Sumurgede Jadi Kampung Lele Mutiara, Kenapa Yah ?

- 3 Juni 2021, 08:10 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meresmikan Kampung Lele Mutiara di Desa Sumurgede, Cilamaya Kulon, Karawang.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meresmikan Kampung Lele Mutiara di Desa Sumurgede, Cilamaya Kulon, Karawang. /tangkapan layar IG @diskominfokrwkab./

Literasi News - Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat resmi jadi Kampung Lele Mutiara. Peresmian dilakukan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana pada Rabu 2 Juni 2021.

Bupati mengatakan, adanya Kampung Lele Mutiara menunjukkan bahwa Karawang bukan hanya kota industri, tetapi memiliki pula potensi budidaya dengan penghasilan yang cukup besar.

Keberadaan Kampung Lele Mutiara ini juga diharapkan bisa merubah pola pikir masyarakat bahwa bekerja bukan hanya di pabrik. Banyak peluang untuk menciptakan penghasilan dan menggerakkan perekonomian jika memang mau dan memiliki kemampuan.

Baca Juga: Ini Daftar Bank Penyalur KUR, Nasabah Bisa Pinjam Rp100 Juta Tanpa Jaminan

Bupati mencontohkan di saat pandemi Covid-19, beberapa sektor perekonomian, seperti industri, transportasi dan sektor lainnya terancam karena Covid-19. Namun, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tidak tergerus pandemi.

"Potensi pembudidayaan ikan lele ini juga besar sekali. Kelompok-kelompok pembudidaya kita beri motivasi dan penyuluhan agar produksi bisa meningkat," ujar Bupati Cellica dalam keterangan tertulisnya.

Bupati mengatakan, Karawang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Perkuat Keimanan dengan Ilmu Pengetahuan dan Belajar Sepanjang Hayat

"Karawang memiliki pertanian yang kuat, hasil laut yang baik dan produk UMKM dari hasil alam yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kab. Karawang, Hanafi mengatakan didirikannya Kampung Lele Mutiara didasarkan atas nota kesepahaman antara Balai Riset Pembudidayaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perikanan Karawang untuk riset pengembangan lele mutiara di Karawang.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah