Begini Cara Mudah, Cek Bansos yang Cair Januari 2021 Termasuk Di Antaranya Ada BLT

- 12 Januari 2021, 07:23 WIB
Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021 di antaranya BLT, di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Jokowi
Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021 di antaranya BLT, di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Jokowi /Humas Sekretariat Kabinet/Jay

Literasi News - Di bulan Januari 2021, beberapa program bantuan sosial (bansos) tunai termasuk BLT disalurkan pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Sebagaimana diketahui, perekonomian nasional masih mengalami perlambatan dampak dari pandemi Covid-19.

Dengan menyalurkan bansos kepada KPM diyakini signifikan terhadap pergerakan perekonomian. Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, ada enam bansos yang disalurkan di bulan Januari 2021. Keenam bantuan pemerintah tersebut sebagai berikut :

1. Program kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
2. Program Keluarga Harapan (PKH)
3. Bantuan Sosial Tunai (BST)
4. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa
5. Program Kartu Prakerja
6. Diskon listrik selama enam bulan

Baca Juga: Sampai Hari Keempat, 25 Orang Diduga Masih Tertimbun Tanah Longsor Sumedang

Presiden Jokowi mengatakan pada APBN 2021, anggaran sebesar Rp110 Triliun disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Dari anggaran tersebut, Presiden merinci di antaranya Rp45,1 Triliun untuk program kartu sembako. Targetnya Kartu Sembako ini disalurkan kepada 18,8 juta KPM, masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan.

Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 Triliun dialokasikan bagi 10 juta KPM dan disalurkan selama empat triwulan. Selanjutnya, bansos tunai atau BST Rp12 Triliun bagi 10 juta KPM dan masing-masing akan menerima Rp300 ribu selama empat bulan.

Baca Juga: Dana BSU atau BLT BPJS bagi 294.160 Orang Tak Bisa Disalurkan. Berikut Ini Langkah Kemenaker

“Program kartu prakerja disiapkan Rp10 Triliun, Lalu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Rp14,4 triliun. Ditambah lagi dengan diskon listrik Rp3,78 Triliun,” lanjutnya.

Untuk mengetahui pencairan bansos tersebut masyarakat kini bisa mengetahuinya dengan mengakses situs terkait yang telah disiapkan. Berikut ini cara cek bansos yang cair pada Januari 2021:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x