Mantap Nih, Pemerintah Indonesia Wajibkan Investor Besar Bermitra dengan UMKM

- 6 Januari 2021, 19:28 WIB
Ilistrasi: Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Ilistrasi: Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) /Literasi News/Angga

Literasi News - Pemerintah Indoenesia melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan mewajibkan setiap investor besar agar bermitra dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Program kemitraan investor asing besar dengan UMKM ini telah diluncurkan pada penghujung akhir tahun 2020 kemarin.

Dikutip dari Antara, Staf Khusus Bidang Peningkatan Pengusaha Nasional BKPM Pradana Indra Putra dalam keterangan tertulisnya mengatakan tujuan program kemitraan antara investor besar dengan UMKM yaitu agar kehadiran investasi dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap percepatan pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun. 

Selain itu, Pradana menjelaskan bahwa investasi tidak hanya terletak pada sektor-sektor ekonomi berskala besar tetapi juga harus melibatkan para pelaku UMKM yang notabene merupakan pahlawan penggerak ekonomi di kala terjadi resesi.

 Baca Juga: Musda X Partai Golkar Cianjur Siap Digelar, Ada Tiga Orang Ambil Formulir Pendaftaran Calon Ketua

"Mendorong investasi berkualitas dan inklusif, pemerataan ekonomi dan sumber daya secara nasional, pemberdayaan pengusaha lokal, serta percepatan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah. Ini adalah beberapa yang kami sampaikan yang menjadi tujuan utama pelaksanaan kemitraan investor besar dengan UMKM," kata Pradana, Rabu 6 Januari 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun, pertumbuhan UMKM di Indonesia semakin mengalami kenaikan namun jumlah pelaku usaha mikro dan kecil yang naik kelas menjadi pengusaha menengah dan besar masih mengalami stagnasi.

Keberadaan para pelaku UMKM di Indonesia memiliki peranan yang sangt besar dalam perekonomian nasional. Sebab sebanyak 120 juta orang dari 133 juta angkatan kerja Indonesia bekerja di sektor UMKM baik secara informal maupun formal.

 Baca Juga: Perebutan Puncak Klasemen Serie A, AC Milan dan Inter Milan Sama-sama Bertemu Lawan Tangguh

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x