Pemilih Pemula Menjadi Rebutan Dalam Pemilu, Diharapakan Bisa Bersikap Rasional, Bukan Transaksional

- 21 Agustus 2022, 20:49 WIB
Ilustrasi: Sosialisasi Pemilih Pemula KPU Klungkung di SMK Kabupaten Klungkung. Pemilih Pemula Menjadi Rebutan Dalam Pemilu, Diharapakan Bisa Bersikap Rasional, Bukan Transaksional
Ilustrasi: Sosialisasi Pemilih Pemula KPU Klungkung di SMK Kabupaten Klungkung. Pemilih Pemula Menjadi Rebutan Dalam Pemilu, Diharapakan Bisa Bersikap Rasional, Bukan Transaksional /Dok. Humas Polres Klungkung

Literasi News - Pemilih pemula memiliki peran penting dalam setiap gelaran pemilu dan sering jadi incaran peserta pemilu.

‘Oleh karena itu ada hal penting bagi pemilih pemula yakni menjadi pemilih yang cerdas, pemilih rasional, dan bukan pemilih transaksional.

Hal itu diungkap Komisioner KPU Kota Salatiga, Abdul Rochim pada kesempatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemula di SMK Bhakti Nusantara Salatiga, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 Pekan 6, Ada Laga Big Match Persib Bandung vs Bali United, Selasa 23 Agustus 2022

Dikutip dari laman resmi KPU, Abdul Rochim menyampaikan elemen-elemen penting dalam kepemiluan.

Menurutnya ada empat elemen, pertama ada pemilih, kedua ada yang dipilih, ketiga ada penyelenggara, dan keempat ada sistemnya.

Menurutnya sangat penting bagi pemilih pemula untuk memastikan terdaftar menjadi pemilih. Itu bisa dilakukan, pemilih pemula bisa mengeceknya dari sekarang melalui aplikasi.

Baca Juga: Komite Wasit PSSI Umumkan 18 Perangkat Pertandingan yang Bermasalah, Ini Sanksinya

’Silakan download aplikasi lindungi hakmu dan pastikan anda sudah masuk dan terdaftar disana, jika belum masuk dan sudah punya KTP El, silahkan melapor ke KPU’’ tegasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x