Hati-hati Anda Jadi Korban, Beredar HOAX Bantuan Rp600.000 Kartu Prakerja via WhatsApp

- 11 Oktober 2020, 21:36 WIB
(Gambar tangkap layar di aplikasi percakapan WhatsApp)
(Gambar tangkap layar di aplikasi percakapan WhatsApp) /Atep AK/Literasi News

Literasi News – Dalam kondisi krisis pandemi seperti ini, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan situasi dengan modus penipuan atau hanya sekedar mengacaukan situasi dengan menyebar informasi HOAX alias bohong.

Saat ini beredar pesan berantai via aplikasi percakapan WhatsApp mengenai bantuan Kartu Prakerja sebesar Rp 600.000 dari pemerintah.

Namun, dapat dipastikan bahwa informasi Kartu Prakerja yang beredar tersebut adalah informasi bohong jika melihat melihat situs Kartu Prakerja yang dicantumkan, yaitu prakerja.vip.

Baca Juga: Belum Kunjung Muncul,Usai Dapat Sartifikat Kartu Prakerja, Segera Lakukan Berikut Ini

Alamat situs tersebut berbeda dengan situs resmi pemerintah penyelenggara program Kartu Prakerja, yakni www.prakerja.go.id.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI sebagai penyelenggara program Kartu Prakerja senantiasa mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati akan adanya situs-situs lain yang berjudul mirip, seperti Prakerja.id atau prakerja.vip, seperti yang viral di aplikasi percakapan WhatsApp baru-baru ini.

Jelas, situs-situs tersebut tidak terafiliasi dengan program resmi Kartu Prakerja dari pemerintah sama sekali.

Baca Juga: Ibu-ibu Nasi Sisanya Jangan Dibuang Ya, Mendingan Diolah Jadi Kudapan Lezat Seperti Ini

"Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam," imbau pemerintah dalam situs resminya, prakerja.go.id.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x