Banyak Situs Palsu Program Kartu Prakerja, Hati-hati Kamu Ditipu

- 12 September 2020, 12:10 WIB
Ilustrasi penipuan (Dok PRFM)
Ilustrasi penipuan (Dok PRFM) /

 

LiterasiNews - Saat ini banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk tipu-tipu para pencari kerja. Biasanya, modus haram tersebut disebarkan di media sosial termasuk broadcast di aplikasi-aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Tujuan mereka, tak lain hanya untuk mendapat keuntungan secara instan melalui situs atau email palsu. Dalam kondisi terdesak kebutuhan materi, para pencari kerja biasanya cenderung mudah tertipu.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Gelombang 8 Telah Kembali Dibuka, Ini Cara Mendaftarnya

Mengantisipasi modus itu, pemerintah telah mengeluarkan situs resmi program Kartu Prakerja, yaitu prakerja.go.id. Pemerintah mengimbau para pendaftar untuk berhati-hati akan adanya situs-situs lain yang berjudul mirip (seperti Prakerja.id) yang tidak terafiliasi dengan program ini sama sekali.

"Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam," imbau pemerintah dalam situs resminya, prakerja.go.id.

Baca Juga: Kalau Saja Overload, Pasien Covid-19 dari Jakarta Bakal Ditampung di Rumah Sakit Jawa Barat

Ditegaskan, program Kartu Prakerja tidak memungut biaya apapun dalam proses pendaftaran. Para pendaftar disarankan selalu berhati-hati jika ada permintaan untuk membayar atau mentransfer sejumlah dana demi mendapatkan Kartu Prakerja.***

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x