BMKG Indentifikasi Tiga Bibit Siklon Tropis Hampiri RI, Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem

- 14 Maret 2024, 18:54 WIB
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Akibat Bibit Siklon Tropis.
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Akibat Bibit Siklon Tropis. /BMKG

Literasi News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan masih adanya potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari kedepan.

Seperti diketahui dalam beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di tanah air diguyur hujan disertai angin kencang, cuaca ekstrem ini dipengaruhi munculnya tiga Bibit Siklon Tropis.

"Sejak rilis BMKG terakhir pada 07 Maret 2024 lalu mengenai potensi hujan sedang-lebat yang dapat terjadi antara tanggal 08 - 14 Maret 2024 di beberapa wilayah Indonesia sebagai akibat signifikansi dinamika atmosfer yang meningkatkan potensi cuaca ekstrem," tulis siaran pers BMKG dilansir Literasinews.com pada Kamis, 14 Maret 2024.

Baca Juga: Ada Mudik Gratis Idul Fitri 1445 H Pemda Provinsi Jabar, Cek Syarat Pendaftaran dan Ketentuannya

BMKG telah mencatat adanya hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia sejak tanggal 08 hingga 14 Maret 2024. Hujan dengan kategori sangat lebat terjadi di wilayah Papua Barat (Nabire) 101.4 mm/hari dan Sulawesi Selatan (Maros) 102.9 mm/hari.

Sementara itu, hujan dengan kategori ekstrem terjadi di Nusa Tenggara Timur (Kupang) 156.8 mm/hari dan Jawa Tengah (Semarang) 238 mm/hari.

"Mencermati perkembangan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia, BMKG secara berkesinambungan terus memantau kondisi cuaca dan potensi dampaknya. Berdasarkan analisis cuaca terkini serta dengan mengamati perkembangan kondisi cuaca dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah Indonesia," lanjut keterangan BMKG.

Baca Juga: Daftar Nama 11 Pemain Aku Mencintaimu Karena Allah RCTI: Ada Eksanti, Lesti Kejora, Rendy Jhon, Rizky Billar

BMKG Identifikasi Tiga Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P

Berdasarkan update dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya tiga Bibit Siklon Tropis.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x